dc.description.abstract | Pengelolaan dan penataan surat masuk dan surat keluar pada Dinas Perikanan
Kabupaten Jember sudah dikelola dengan baik dan sesuai dengan tata cara dan
pengelolaan surat yang ada. Dan disamping itu surat yang ada pada Dinas Perikanan
Kabupaten Jember sudah disimpan pada tempat yang sudah disediakan sehingga
berkas-berkas surat masuk dan surat keluar tertata dengan rapid an saat dibutuhkan
kembali akan dengan mudah untuk menemukan surat-surat tersebut.
a. Pelaksanaan pengelolaan dan penataan surat menyurat di Dinas Perikanan
Kabupaten Jember Meliputi kegiatan.
1) Membantu mencatat surat masuk dan surat keluar pada Buku Agenda Surat
Masuk dan Surat Keluar.
2) Memberikan surat masuk yang memerlukan tanda tangan kepada Kepala
Dinas.
3) Menyimpan surat didalam lemari arsip.
4) Mengurutkan tanggal serta nomer surat masuk dan surat keluar agar mudah
dicari nantinya.
b. Adapun prosedur kearsipan surat-menyurat seperti dibawah ini.
1) Pengorganisasian Arsip pada Dinas Perikanan Jember meliputi: Penerimaan
surat, pengarahan surat, pencatat surat, dan penyimpanan surat.
2) Penyimpanan arsip surat pada Dinas Perikanan Kabupaten Jember meliputi:
pemeliharaan surat, kegiatan pengorganisasian dalam surat, prosedur dan
petunjuk penyimpanan surat | en_US |