BAHASA INGGRIS SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN OPERASIONAL RESERVASI DAN TIKETING DI PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES DENPASAR
Abstract
Laporan ini disusun berdasarkan basil kegiatan Praktek kerja Nyata yang penulis lakukan selama 2 bulan dad tanggal 3 Februari 2003 sampai dengan tanggal 28 maret 2003 di PT. Merpati Nusantara Airlines Denpasar, sebuali perusahaan penerbangan yang berbentuk BUMN.
Ketrampilan berbahasa Inggris yang didapat penulis di bangku kuliah juga sangat mendukung pelaksanaan Praktek Kerja Nyata yang dilakukan penulis di PT. Merpati Nusantara Airlines. Walaupun Penulis menangani Reservasi untuk penerbangan domestik, namun tidak jarang penulis juga menangani Reservasi dan pembelian tiket yang dilakukan oleh wisatawan asing sendiri.
Dalam menangani Reservasi bagi wisatawan asing, diperlukan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar agar infonnasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik. Hal ini dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan asing yang menggunakan jasa transportasi PT. Merpati Nusantara Airlines.
Kemampuan berbahasa Inggris di bagian tiketing juga sangat penting. Hal ini karena istilah - istilah yang ada pada dokumen - dokumen maupun tiket pesawat dicetak dengan menggunakan bahasa Inggis. Penulis dalam hal ini hams mengerti dan memahaini semua istilah yang ada pada dokumen dokumen matipun pada tiket tersebut. Petnahaman istilah -istilah dalam bahasa Inggris tersebut sangat berrnanfaat karena dapat menambah perbendaharaan kata bagi penulis.
Ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman kerja yang didapat penulis selama mengikuti kegiatan Praktek Kerja Nyata balk pada saat di bagian Reservasi maupun Tiketing sangat bennanfaat sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai di bidangnya. Selain itu melalui Praktek kerja Nyata ini penulis dapat rneningkatkan kemampuan berbahasa lnggis khususnya di bidang penerbangan.