PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM OPERATOR SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DI KANTOR DEPAN HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA
Abstract
Indonesia merupakan bagian dari negara-negara di Asia yang akan menghadapi AFTA (Asia Free Trade Area) 2003 yang kemudian disusul dengan perdagangan bebas dunia. Dengan adanya situasi tersebut, maka batas-batas teritorial setiap negara semakin tidak terlihat dan sernuanya seolah-olah menjadi satu wilayah yang bebas. Bahasa Innggris sebagai bahasa intenasional praktis sangat diperlukan sebagai bahasa pengantar dalam segala bidang perindustrian dr larn hal ini adalah industri pariwisata.
Industri pariwisata adalah salah satu industri andalan di Indonesia sebagai modal persaingan bebas dengan negara lain dan sebagai sarana peningkatan pendapatan devisa negara. Untuk menunjang industtri pariwisata tersebut perlu adanya usaha peningkatan pelayanan segala hal yang berhubungan dengan kepariwisataan Indonesia termasuk bidang akomodasi dalam hal ini perhotelan.
Sebagai sarana akomodasi perhotelan sangat berperan penting dalam memajukan industri pariwisata, perhotelan di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pelayanannya sebagai usaha menarik perhatian, terutama pada departemen yang hcr hubungan langsung dengan konsumen yaitu Departemen Kantor Depan Hotel.
Dalam departemen Kantor Depan terutama operator, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar praktis sangat penting sebagai upaya menarik wisatawan terutama wisatawan manca negara. Operator sebagai pemberi inionnsi tentang hotel
sekaligus penawaran jasa hotel melalui media telepon memerlukan penggunaan bahasa yang baik sehingga dapat meyakinkan konsumen dimana dalam hal ini adalah para wisatawan.