Show simple item record

dc.contributor.authorDEKY ARIFIN
dc.date.accessioned2013-12-12T03:45:10Z
dc.date.available2013-12-12T03:45:10Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210101301
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8428
dc.description.abstractPada abad ke-20 ini kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah meluas dan merata hampir kesegala lapisan masyarakat. Mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Faktorisasi Aljabar merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa SMP Negeri 1 Tlogosari sebagai bekal untuk dapat mengembangkan sikap dan kemampuan serta pengetahuan dan keterampilan dasar. Dalam menyampaikan materi tersebut metode ceramah saja kurang tepat, karena sakarang ini dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa cerdas tidak hanya aspek kognitif, tetapi juga aspek efektif dan psikomotorik. Pemberian tugas harus disertai dengan resitasi, karena adakalanya siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan hanya menyalin pekerjaan temannya. Frekuensi pemberian tugas dan resitasi merupakan salah satu upaya untuk menanamkan konsep yang lebih dalam pada suatu materi pelajaran. Permasalahan pokok dalam penelitian ini, apakah frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang berstruktur sebanyak 6×, 4×, dan 2× berpengaruh secara signifikan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 1 Tlogosari tahun ajaran 2010/2011. Adapun tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang berstruktur sebanyak 6×, 4×, dan 2× berpengaruh secara signifikan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 1 Tlogosari tahun ajaran 2010/2011. viii Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang berstruktur terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester ganjil SMP Negeri I Tlogosari tahun ajaran 2010/2011. Pada penelitian ini terdapat kelas eksperimen yaitu kelas VIII C, dan VIII D serta kelas kontrol yaitu kelas VIII E. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan frekuensi pemberian tugas dan resitasi sebanyak 6 kali untuk kelas VIII C dan 4 kali untuk kelas VIII D, sedangkan kelas kontrol dengan frekuensi pemberian tugas dan resitasi sebanyak 2 kali. Perbedaan frekuensi tersebut bertujuan untuk mengetahui frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang lebih baik dan berbeda secara signifikan. Pada lampiran 15 dengan peluang 0,05 serta derajat kebebasan pembilang 2 dan dk penyebut 86 diperoleh nilai F tabel sebesar 3,94. Hasil F hitung lebih besar daripada hasil F tabel sehingga H0 ditolak. Jika dilihat berdasarkan probalititasnya diperoleh peluang pada ANOVA sebesar 0,000, sedangkan kita memberi asumsi galat sebesar 0,05. Nilai tersebut lebih kecil daripada 0,05 sehingga hipotesis awal H0 ditolak atau dengan kata lain ada perbedaan penerapan frekuensi pemberian tugas dan resitasi sebanyak 6×, 4×, dan 2× terhadap hasil belajar siswa. Perlakuan 4 kali tugas dan resitasi memberikan hasil yang sangat baik secara signifikan dibandingkan dengan 2 kali tugas dan resitasi serta lebih baik tapi tidak signifikan dengan perlakuan 6 kali tugas dan resitasi. Berdasarkan output Friedman pada analisis aktivitas belajar siswa lampiran 17 diperoleh bahwa Assymp. Sig =0,083 dan kriteria kesalahan penarikan kesimpulan sebesar 0,05. Diperoleh Assymp. Sig > 0,05, maka H0 diterima atau tidak ada perbedaan antara penerapan frekuensi pemberian tugas dan resitasi sebanyak 6×, 4×, dan 2× terhadap aktivitas belajar siswa. Kesimpulannya adalah frekuensi pemberian tugas dan resitasi yang berstruktur sebanyak 6×, 4×, dan 2× tidak berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIIIA SMPN 1 Tlogosari tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101301;
dc.subjectPENGARUH FREKUENSI, TUGAS DAN RESITASIen_US
dc.titlePENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 TLOGOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record