PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT PASIEN RAWAT JALAN RSD. dr. SOEBANDI JEMBER
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksplanatori (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di 
RSD. dr. Soebandi Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan 
dengan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu 
secara aksidental jadi ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 180 = 6x30 (Ferdinand, 2002:76). 
Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode 
Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan model second order menggunakan program IBM SPSS-AMOS 22.
Penelitian pada pasien rawat jalan RSD. dr. Soebandi Jember ini memiliki karakteristik responden 
yang beragam baik dari segi jenis kelamin, usia, jenis pembayaran, maupun dari jenis karakteristik 
berdasarkan frekuensi komunikasi dari mulut ke mulut. Karakteristik responden dalam penelitian ini 
berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh laki-laki dengan tingkat rentang usia pada 35-45 tahun, 
dengan jenis pembayaran yang banyak dipakai adalah menggunakan 73%,
dan frekuensi paling banyak berada pada dua kali melakukan komunikasi dari mulut ke mulut dengan 
persentase sebesar 46% yaitu sebanyak 83 orang.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian yang dilakukan di RSD. dr. Soebandi 
Jember diperoleh bahwa kualitas layanan berpengaruh tidak singnifikan terhadap kepuasan pasien 
rawat jalan di RSD. dr. Soebandi Jember, yang berarti bahwa jika kinerja kualitas layanan 
meningkat, maka belum tentu kepuasan pasien rawat jalan juga akan meningkat. Kualitas layanan 
berpengaruh tidak signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut pasien rawat jalan di RSD. dr. 
Soebandi Jember, yang berarti bahwa jika kinerja kualitas layanan meningkat, belum dapat 
meningkatkan intensitas komunikasi dari mulut ke mulut pasien rawat jalan pada RSD. dr. Soebandi 
Jember kepada pihak lain. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut, 
yang berarti bahwa jika pasien rawat jalan RSD. dr. Soebandi Jember merasa puas maka pasien 
tersebut akan meningkatkan intensitas komunikasi dari mulut ke mulut tentang RSD. dr. Soebandi 
Jember kepada orang lain.
Collections
- MT-Management [555]
