• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM MONITORING DAN KONTROL MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBER BERPENGGERAK MOTOR BLDC BERBASIS RADIO FREKUENSI

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Fajar Kurniawan - 121910201025_.pdf (2.546Mb)
    Date
    2018-02-09
    Author
    KURNIAWAN, Fajar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kendaraan berbahan bakar minyak ( Mobil ) pada masa sekarang seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Peranan mobil sendiri sangat signifikan untuk semua kalangan, dari dipakai untuk mata pencaharian hingga hanya untuk materi kekayaan. Tetapi tanpa disadari, semakin banyaknya permintaan produksi mobil justru semakin membahayakan kelangsungan hidup manusia. Poin pokok dari ancaman tersebut adalah semakin tercemarnya polusi udara di planet bumi. Oleh sebab itu, banyak dilakukan riset tentang mobil listrik untuk pengembangkan modern di negara-negara maju. Dalam upaya pengembangannya tim mobil listrik Universitas Jember masih memiliki masalah pada proses pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan yang dikonsumsi oleh mobil listrik.Pada sistem pengendalian dan pengukuran Arus maupun Tegangan. Biasanya pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan ini masih dilakukan secara manual dan harus berhubungan langsung dengan obyek. Hal ini megakibatkan proses pengendalian mobil listrik menjadi lebih lama dan dianggap kurang efisien. Sehingga diperlukan adanya sebuah sistem yang dibuat untuk dapat mengendalikan.Dengan adanya sistem monitoring dan pengendalian data hasil pengukuran arus maupun tegangan dapat dilakukan secara real time dengan komputer. Penelitian ini dilakukan beberapa pengujian yaitu pengujian sensor tegangan , sensor arus, sensor kecepatan, pengujian dinamis dengan mode control dan mode driver.pengujian dengan mode control terdapat empat kondisi jalan yaitu jalan lurus, jalan belok, jalan turun, dan jalan tanjakan dalam empat pengujian ini nilai arus yang besar di dapat pada jalan tanjakan sebesar 7,93.pada mode control pengontrol kecepatan berjalan dengan baik pada kondisi jalan lurus nilai refrensi kecepatan 250 dengan pengujian di dapat rata-rata nilai kecepatan 238,3213,pada kondisi jalan belok dengan kecepatan refrensi 250 di dapat nilai kecepatan rata- rata 245,79,pada saat kondisi jalan turun di dapat nilai kecepatan sebesar 206,55 pada kondisi tanjakan ketika di kasih nilai kecepatan refrensi sebesar 100 di dapatkan nilai kecepatan rata- rata sebesar 99,63. sistem ini .dalam pengujian sensor arus, sensor tegangan,dan sensor rpm dengan membandingan nilai hasil dari alat ukur dan sensor terdapat error persen yang rendah sehingga sensor tersebut bisa di katakan memiliki keakuratan yang tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84226
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4232]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail