Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik, M
dc.contributor.advisorFATAHILLAH, Arif
dc.contributor.authorPERMATASARI, Putri Ayu
dc.date.accessioned2018-02-08T06:56:11Z
dc.date.available2018-02-08T06:56:11Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nimNIM130210101039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84200
dc.description.abstractSemakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi yang global mengakibatkan revolusi informasi yang sangat pesat baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan teknologi memiliki banyak kegunaan salah satu kegunaannya adalah sebagai alat bantu atau media pembelajaran. Media pembelajaran diciptakan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi, informasi maupun pesan kepada siswa. Materi pembelajaran yang dianggap sulit oleh siswa salah satunya adalah pelajaran matematika, untuk itu diperlukan suatu inovasi baru dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu penggunaan media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran matematika berbasis teknologi adalah software Geogebra. Geogebra adalah software matematika yang dikemas praktis dan mudah digunakan untuk seluruh jenjang pendidikan. Dikemas secara menarik pada materi transformasi geometri untuk kelas XI SMA/SMK, media pembelajaran berbasis software Geogebra yang telah dirancang kemudian dikemas dengan aplikasi Schoology sebagai media interaktif antar guru dengan siswa. Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS, jadi diharapkan dengan aplikasi ini siswa dapat bersosialisasi sambil belajar dengan efektif dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember dengan subjek uji coba adalah 32 siswa di kelas XI Multi Media. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran matematika dan mengetahui tanggapan serta respon siswa mengenai media pembelajaran matematika interaktif Schoology berbantuan software Geogbra. Rancangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap diantaranya yang pertama tahap pendefinisian (define) yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap kedua adalah tahap perencanaan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal media dan penyusunan tes. tahap ketiga adalah tahap pengembangang (develop) terdiri dari validasi oleh para ahli dan uji coba produk dan tahap keempat adalah tahap penyebaran (disseminate). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan metode angket respon pengguna, wawancara guru dan tes hasil belajar siswa. Data hasil angket dan tes hasil belajar siswa yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan pengembangan media pembelajaran matematika interaktif Schoology berbantuan software Geogebra pada materi transformasi geometri menghasilkan sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi oleh para validator yang terdiri dari dua Dosen dari Pendidikan Matematika Universitas Jember dan satu Guru Matematika di SMK Negeri 2 Jember. Dari tahap penelitian diperoleh hasil 4,89 dari validator satu, 4,33 dari validator dua dan 4,75 dari validator tiga, dengan rerata total sebesar 0,93. Analisis selanjutnya adalah analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon pengguna. Dari hasil angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 84,2%. Pada tahap terakhir adalah pelaksanaan tes hasil belajar siswa sebagai alat untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dan didapatkan persentase 81,25%. Dari hasil beberapa analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori interpretasi koefisien validasi “sangat baik”, nilai kepraktisan dan keefektifan “baik” serta layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah-sekolah lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210101039;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.subjectINTERAKTIF SCHOOLOGYen_US
dc.subjectSOFTWARE GEOGEBRAen_US
dc.subjectTRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XIen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF SCHOOLOGY BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record