dc.description.abstract | Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan di era global ini. Untuk dapat berperan dalam
dunia global, setiap negara mutlak untuk menyiapkan generasi yang memiliki 21st Century skills. The
Partnership for 21st Century Skills (P21) telah mengembangkan Twenty-first century skills yang
merupakan keterampilan yang diperlukan untuk menyiapkan generasi muda yang luwes, kreatif dan
proaktif. Generasi muda di abad ke 21 ini perlu dibentuk agar terampil dalam memecahkan masalah,
bijak dalam membuat keputusan, berpikir kreatif, suka bermusyawarah, dapat mengkomunikasikan
gagasannya secara efektif, dan mampu bekerja secara efisien baik secara individu maupun dalam
kelompok. Untuk menghadapi tantangan di abad 21 ini, perlu dikembangkan Indikator dengan kemampuan
4 C‟s pada indikator pembelajaran yang ada pada Kurikulum 2013. Adapun indikator pembelajaran dan
keterampilan inovasi yang diharapkan pada kerangka abad ke-21 tersebut adalah critical thinking,
creativity, communicatin dan collaboration. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses pengembangan dan menghasilkan indikator 4 C‟s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata
pelajaran matematika SMP/MTs kelas VIII semester 2.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model pengembangan Plomp
yang sudah dimodifikasi yang terdiri dari 4 fase tanpa melakukan tahap implementasi dikarenakan
pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan indikator pembelajaran saja. Tahap awal penelitian
adalah fase investigasi awal (preliminary investigation) yang terdiri dari kegiatan
analisis
masalah dan studi literatur. Tahap kedua adalah fase desain (design) yaitu kegiatan merancang
penyelesaian masalah berdasarkan investigasi awal berupa indikator 4 C‟s dan keterampilan 4 C‟s
yang diadobsi dari kerangka P21 di reduce sesuai dengan kebutuhan. Tahap ketiga adalah fase
realisasi/konstruksi (realization/construction) yaitu merealisasikan produk yang telah dirancang
pada fase desain. Tahap keempat adalah fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and
revision) yang terdiri kegiatan validasi produk yang dikembangkan oleh lima validator, evaluasi dan
revisi berdasarkan saran dari validator hingga diperoleh produk yang memenuhi kriteria kevalidan.
Produk yang dihasilkan telah direvisi berdasarkan saran dan komentar setiap validator hingga
dihasilkan produk yang valid untuk bisa diimplementasikan. Kriteria kevalidan menyatakan produk
yang dikembangkan dikatakan baik jika minimal memiliki kriteria valid (lebih dari atau sama dengan
3,20).
Berdasarkan hasil analisis data lembar validasi, diperoleh nilai validitas produk sebesar 3,876.
Berdasarkan kriteria yang ditentukan, produk yang dikembangkan berupa indikator 4 C‟s pada mata
pelajaran SMP/MTs matematika kelas VIII semester 2 yang diselaraskan dengan kurikulum 2013 revisi
2016 telah memenuhi kriteria kevalidan. Berikut ini merupakan salah satu contoh produk hasil
pengembangan indikator 4 C‟s, melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran teorema Pythagoras
(Critical Thinking), memberi contoh aplikasi teorema Pythagoras pada kehidupan sehari-hari
(Creative), menemukan beberapa tripel Pythagoras pada segitiga menggunakan media atau teknologi
(misal: microsoft Office excel, matlab, kalkulator, dan lain-lain) (Communication), mendiskusikan
dengan kelompok tentang kebenaran teorema Pythagoras berdasarkan hasil percobaan (Collaboration).
Adapun rincian produk hasil pengembangan indikator 4 C‟s terdapat pada lampiran B. | en_US |