PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI BERBASIS KARAKTER KREATIF MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan
untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis karakter kreatif menggunakan model Missouri
Mathematics Project (MMP) pada sub bab persegi panjang dan persegi yang memiliki kriteria valid,
praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan
karakter kreatif siswa dalam pembelajaran persegi panjang dan persegi kelas VII SMP.
Karakter kreatif yang dimaksud dalam penelitian ini ada empat aspek yang dinilai yaitu fluency
(menurunkan banyak ide), flexibility (mengubah perspektif dengan mudah), elaboration (mengembangkan
ide lain dari suatu ide) dan originality (menyusun sesuatu yang baru). Perangkat pembelajaran
dikembangkan dengan prosedur 4-D Model yang sudah dimodifikasi yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), dan develop (pengembangan). Tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan.
Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan tidak diujicobakan kembali dan hanya disebarkan
dalam lingkup Universitas Jember yaitu di Perpustakaan Universitas Jember, perpustakaan FKIP
Universitas Jember, dan Perpustakaan Pendidikan Matematika Universitas Jember. Kegiatan yang
dilakukan pada tahap pendefinisian adalah: (1) analisis awal-akhir terhadap kurikulum 2013, (2)
analisis siswa untuk untuk mengetahui kompetensi, perkembangan kognitif, serta karakter kreatif
siswa, (3) analisis konsep tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pokok bahasan persegi
panjang dan persegi, (4) analisis tugas meliputi tugas yang akan diberikan kepada siswa, dan (5)
spesifikasi tujuan pembelajaran.
Tahap kedua adalah perancangan dengan kegiatannya meliputi: (1) pemilihan media, (2) pemilihan
format yaitu perangkat pembelajaran berbasis karakter kreatif
menggunakan model MMP, dan (3) rancangan awal yang meliputi perancangan RPP dan LKS yang berbasis
karakter kreatif dengan model MMP.
Tahap ketiga adalah pengembangan dengan kegiatannya meliputi: (1) penilaian dari validator yang
dilakukan oleh dua orang dosen pendidikan matematika, (2) uji keterbacaan dilakukan oleh tiga orang
siswa kelas VII E SMPN 1 Silo, dan (3) uji coba lapangan dilakukan di kelas VII A SMPN 1 Silo
sebanyak dua kali pertemuan.
Berdasarkan hasil uji coba, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan
interpretasi RPP sebesar 2,95 dan LKS sebesar 4,31. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memiliki kriteria praktis dengan nilai kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah baik dan nilai
kepraktisan dari angket guru sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan memiliki kriteria efektif dengan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu: (1) aspek
sikap, yaitu berdasarkan lembar penilaian karakter kreatif adalah sebesar 87,8 % dengan kategori
sangat kreatif, (2) aspek pengetahuan yaitu rata- rata nilai yang diperoleh siswa pada LKS sebesar
89,34%, dan (3) aspek keterampilan yaitu persentase keterampilan siswa berdasarkan hasil observasi
aktifitas siswa adalah 93,75% dengan kriteria sangat terampil. Berdasarkan kriteria kualitas
tersebut, dihasilkan pengembangan perangkat pembelajaran persegi panjang dan persegi berbasis
karakter kreatif menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) pada kelas VII SMP yang
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.