PELAKSANAAN ADMINISTRASI UPAH PEGAWAI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) PERWAKlLAN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang telah di laksanakan pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Jember tentang Administrasi upah dapat diambil kesimpulan scbagai berikut:
1. Administrasi Gaji dan Upah yang dilaksanakan oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Jember dapat dibedakan menurut status karyawan. Untuk status karyawan itu sendiri terdiri dari dua macam, yaitu : Karyawan Organik (Karyawan tetap) dan Karyawan Non Organik Operasional (Karyawan Honorer, Agen dan Penagih).
Karyawan Organik mempunyai gaji pokok yang didasarkan atas jenjang kepangkatan atau jabatan dan golongan ditambah dengan pemberian beberapa tunjangan, Karyawan Non Organik penggajiannya berdasarkan Honorer dan Prestasi Kerja. Untuk yang honorer mendapat uang transport tanpa memperoleh tunjangan apapun sebelum menjadi karyawan tetap.
2. Untuk Administrasi pembayaran upah sebelum pegawai menerima gaji dan upah, terlebih dahulu menandatangani daftar gaji. Setelah menandatangani daftar gaji tersebut kemudian pegawai menerima kartu gaji dan di tunjukkan kepada kasir untuk menerima gaji.
3. Hasil yang didapat dari pelaksanaan Praktek Kerja Nyata pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Jember adalah bertambahnya wawasan dan pengalaman kerja yang sebelumnya belum didapat dari bangku kuliah. Ada hal menarik yang perlu dicatat dari Praktek Kerja Nyata ini adalah adanya faktor-faktor pendukung berupa terpenuhinya fasilitas yang diperlukan untuk sebuah praktek serta suasana yang menyenangkan dari perusahaan tersebut, akan tetapi dilain pihak terdapat kendala berupa terjaganya kerahasiaan perusahaan yang sangat ketat sehingga mengurangi kesempurnaan dalam penyusunan laporan ini.
Collections
- DP-Financial Accounting [181]