PROSEDUR AKUNTANSI KARTU KREDIT BNI (BNI MASTER CARD) PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG JEMBER
Abstract
Dari hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan di PT. Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk Cabang Jember selama kurang, lebih dari 1 bulan mulai 7 februari sampai dengan 7 Maret 2003 maka dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
a. Prosedur Akuntansi BNI Master Card Pada PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.Cabang Jember sangatlah sederhana dan mudah untuk dipahami karena segala sesuatunya dikerjakan dengan system komputerisasi dan dilakukan secara online, sehingga pembukuan secara manual tentang system akuntansi hampir tidak ada. Pada pembuatan kartu kredit tidak banyak hal yang dapat dilakukan di PT. Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk.Cabang Jember karena semua system dilakukan di BNI Card Center sedangkan Cabang Jember sebagai perantara atau sebagai pihak pemasaran kartu kredit.
b. Untuk menjadi anggota pemegang kartu kredit, seorang calon Card Holder harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada pihak penerbit (Issuer) Credit Card, yang bertujuan untuk mempelajari kelayakan pemohon, terutama dikaitkan dengan persyaratan penghasilan minimum kemudian ditentukan kelompok Regular (Biru) atau Gold. Selanjutnya pemegang menerima kartu kredit dan telah memenuhi persyaratan administrasi dapat menggunakan kartu kredit untuk translasi atau melakukan pembayaran-pembayaran dengan pihak merchant yaitu cukup menyerahkan kartu kredit untuk dicatat nomornya pada formulir penagihan yang telah tersedia dengan menggunakan mesin khusus serta menandatangani fomulir tersebut. Pada tanggal tertentu pihak merchant yang telah menjalin kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit melakukan penagihan atas penggunaan kartu kredit kepada bank. Penagihan ini langsung dibayar oleh bank setelah dipotong komisi kartu kredit dari nilai tagihan.Pada akhir bulan tertentu (sesuai perjanjian) card Holder melakukan pembayaran tagihan dimana tagihan dapat dilunasi atau dibayar minimum 10% dari total tagihan, dan sisanva dibebankan pada tagihan bulan berikutnya beserta bunga harian yang telah dihitung oleh pihak penerbit.
c. Keunggulan BNI Master card adalah kecilnya bunga kredit yang ditetapkan yaitu sebesar 2,25% per bulan dari sisa tagihan dan besarnya tingkat bunga ini lebih kecil jika dibandingkan dengan kartu kredit dengan Bank lain. Selain bunganya yang kecil terdapat fasilitas dana plus yang diberikan oleh Bank BNI yang mana pada Bank lain tidak dijumpai fasilitas tersebut, meskipun ada fasilitas jenis ini harus ada jaminan dari pihak Card Holder.
d. Produk kartu kredit memberikan manfaat bagi semua pihak yang terkait, sebagai pemegang kartu kredit, nasabah antara lain dapat menunda pembayaran serta dapat menikmati berbagai fasilitas yang diberikan oleh penerbit kartu kredit dan juga, pemegang kartu kredit tidak perlu memegang uang tunai sehingga dapat terhindar dari resiko kehilangan. Diterimanya kartu kredit sebagai alat pembayaran juga dapat membantu pedagang untuk menaikkan omset penjualan serta mempermudah pengelolaan dan Akuntansi keuangan. Bagi pihak perbankkan BNI Master Card, diharapkan mampu menambah pendapatan dari iuran tahunan (Annual Fee) dan bunga (Interest)
Collections
- DP-Accounting [658]