• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM (SOAL BERAKHIR TERBUKA) DISERTAI DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X-A MAN 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Nur Afifah_001.pdf (242.2Kb)
    Date
    2013-08-23
    Author
    Nur Afifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di MAN 2 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas X- A MAN 2 Jember masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Selasa, 12 Juli 2011 dapat diketahui terdapat 42,5 % siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 22,5% siswa aktif bertanya; dan 30% siswa aktif menjawab pertanyaan. Selain rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa kelas X-A juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 40 siswa terdapat 37,5% atau 15 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 62,5% atau 25 siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model open-ended problem disertai demonstrasi dalam proses pembelajaran. Model open-ended problem menyajikan suatu permasalahan yang memiliki penyelesaian yang benar lebih dari satu, setelah diterapkannya model ini diharapkan dapat memberikan keleluasaan berfikir bagi siswa secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu persoalan. Penerapan model ini dipadukan dengan metode demonstrasi agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model open-ended problem (soal berakhir terbuka) disertai demonstrasi pada siswa kelas X-A MAN 2 Jember, (2) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model open-ended problem (soal berakhir terbuka) disertai demonstrasi pada siswa kelas X-A MAN 2 Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas X-A MAN 2 Jember tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa, dilaksanakan tanggal 04 Oktober 2011 sampai dengan 21 Oktober 2011. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa statistik deskriptif. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, bekerja kelompok, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dari guru, dan mengemukakan pendapat telah mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis diperoleh aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 23,02% dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 59,28%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 66,75%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 65%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,5% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model open- ended problem (soal berakhir terbuka) disertai demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/838
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository