PELAKSANAAN ADMINISTRASI KEUANGAN PADA UNIT SIMPAN PINJAM DI KOPERASI PEGAWAl REPUBLIK INDONESIA (KPRI) UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Dari hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember dalam bidang administrasi pada unit usaha simpan pinjam maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan prosedur administrasi peminjaman pada unit simpan pinjam merupakan suatu rangkaian kegiatan atau kerja sama antara koperasi dan anggota-anggotanya mulai dari pengajuan menjadi anggota, permohonan pinjaman yang ditandatangani oleh pimpinan unit kerja dan bendaharawan gaji yang dilampiri dengan surat perjanjian hutang yang diketahui oleh ahli waris dan surat kuasa pemotongan gaji;
2. Dalam administrasi peminjaman pada unit usaha simpan pinjam diperlukan prosedur yang harus diketahui oleh para peminjam dalam mengajukan peminjaman uang. Prosedur-prosedur dalam administrasi peminjaman uang pada unit simpan pinjam adalah sebagai berikut:
a. peminjam sudah menjadi anggota KPRI-UNEJ;
b. mengisi formulir permohonan kredit uang yang harus ditandatangani oleh pimpinan fakultas, Bendaharawan, Peminjam dan ketua dari KPRI-UNEJ;
c. mengisi formulir perjanjian hutang uang yang harus ditandatangani oleh Bendaharawan Gaji, Ahli waris, Peminjam dan ketua dari KPRI-UNEJ;
d. mengisi formulir surat kuasa pemotongan gaji yang harus ditandatangani oleh bendaharawan Gaji, Peminjam dan Pengurus KPRI-UNEJ;
e. mengisi buku bantu piutang yang di tanda tangani oleh peminjam
Collections
- DP-Financial Accounting [181]