TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Berpikir kreatif mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan kemampuan
pemecahan masalah. Seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tidak
hanya mampu memecahkan masalah-masalah non rutin, tetapi juga mampu melihat
berbagai alternatif dari pemecahan masalah itu. Kemampuan berpikir kreatif
merupakan bagian yang sangat penting untuk kesuksesan dalam pemecahan masalah.
Karena itu, berpikir kreatif sangat penting untuk keberhasilan pemecahan masalah.
Selain itu, kreativitas siswa juga dituntut dalam proses pembelajaran, karena tujuan
kurikulum 2013 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No. 69 tahun 2013 adalah “mempersiapkan manusia Indonesia agar
memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman,
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia”.