• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Intan putri rinawati - 090210102065_1.pdf (3.933Mb)
    Date
    2017-12-21
    Author
    Rinawati, Intan Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep Hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal . Materi pelajaran akan lebih mudah dipelajari, dipahami, dihayati, dan diingat bila siswa sendiri memperoleh pengamatan langsung dari peristiwa belajar tersebut melalui pengamatan atau eksperimen maka siswa diharapkan Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP, (3) Mengkaji apakah ada perbedaan yang lebih baik antara hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA dSMP . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample T-test) untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk mendeskripsikan aktivitas belajar. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji hipotesis dua pihak (two tail test). Karena menggunakan pihak kanan, maka nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.0095 ≤ 0.05 maka Ho ditolak sehingga nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian, Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. bahwa aktivitas belajar siswa pada tiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu 62,5%, 65%, 96,25% dan 96,2% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria aktif. keterampilan proses sains siswa pada tiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu 69,7%, 80,8%, 92,4% dan 96,4% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang lebih baik antara hasil belajar siswa menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen dan yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA di SMP, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP dapat digolongkan dalam kategori aktif, (3) keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP dapat digolongkan dalam kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83734
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository