• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Arahmat - 120210103036.pdf sdh.pdf (3.267Mb)
    Date
    2017-12-05
    Author
    Arahmat, Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia merupakan negara yang terus menerus berupaya untuk memperbaiki serta menyempurnakan sistem pendidikannya. Menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pengembangan kemampuan peserta didik yang dibutuhkan saat ini tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif semata, akan tetapi jauh lebih dari hal tersebut, dibutuhkan adanya kesadaran metakognisi dalam proses pembelajaran. Metakognisi adalah thinking about thinking atau berpikir tentang proses berpikir itu sendiri. Metakognisi sebagai suatu bentuk kemampuan untuk melihat pada diri sendiri sehingga apa yang dia lakukan dapat terkontrol secara optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan afektif, kognitif dan psikomotorik maupun metakognisi secara maksimal adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran berbasis masalah memiliki kekurangan salah satunya yaitu dapat memungkinkan terjadinya miskonsepsi materi dari apa yang sudah didiskusikan. Sehingga hal ini perlu adanya penguatan secara tertulis, salah satunya menggunakan teknik mind mapping. Mind mapping diterapkan untuk menanamkan dan meningkatkan pemahaman konsep biologi agar siswa lebih mudah dalam mengingat materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik mind mapping terhadap metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi biologi pokok bahasan virus
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83546
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository