• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Tema Harga Diri Di SDN Plalangan 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Hadi Santoso - 130210204060.pdf (2.858Mb)
    Date
    2017-11-30
    Author
    Santoso, Tri Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa pencapaian skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 45,31 (kriteria cukup aktif). Hasil analisis dokumen belajar siswa prasiklus, diketahui bahwa pencapaian skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 45,83 (kriteria kurang baik). Hasil observasi dan wawancara terhadap guru, diperoleh bahwa model/ metode pembelajaran yang digunakan sudah cukup banyak seperti ceramah, tanya jawab, dan diskusi, namun belum dapat mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Perlu adanya variasi model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif, sehingga berdampak pada hasil belajar yang baik pula. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penerapan model pembelajaran ini menggunakan kartu sebagai media untuk mengatur pola interaksi siswa dalam kelompok belajar dan diharapkan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Plalangan 02 Jember. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan diketahui bahwa pencapaian skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 65,80 (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 79,34 (kriteria sangat aktif). Peningkatan pencapaian skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari prasiklus ke siklus I adalah sebesar 20,49, sedangkan peningkatan pencapaian skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,54. Pencapaian skor ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,42 (kriteria cukup baik), sedangkan pada siklus II sebesar 79,42 (kriteria baik). Peningkatan pencapaian skor rata-rata hasil belajar dari prasiklus ke siklus I sebesar 21,59, sedangkan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Saran bagi guru yaitu model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam menerapkan variasi pembelajaran yang menyenangkan. Bagi kepala sekolah hasil penelitian ini dapat direkomendasikan pada guru-guru lain untuk dijadikan alternatif dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang sejenis sekaligus pengembangannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83532
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository