• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Siswa Kelas Vb Sdn Sumbersari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Titin Eka Pratiwi - 130210204001.pdf (10.61Mb)
    Date
    2017-11-30
    Author
    Pratiwi, Titin Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Ada beberapa hal yang mengakibatkan kemampuan matematika siswa rendah. Awal tindakan, pembelajaran matematika secara umum yang didominasi oleh guru. Pada umumnya siswa dianggap sebagai obyek, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Kedua, persepsi siswa yang beranggapan bahwa matematika pokok bahasan luas bangun datar adalah pelajaran yang sulit disertai rumus-rumus tanpa diperoleh asal dari rumus luas bangun datar tersebut. Ketiga, rendahnya aktivitas dan kemauan siswa dalam menghitung. Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 05 Agustus 2016 di kelas VB di SDN Sumbersari 01 Jember, pada pembelajaran matematika dengan materi luas bangun datar diketahui bahwa guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dan lebih cenderung menggunakan metode ceramah yang menuntut siswa untuk selalu melihat di papan tulis dan disertai dengan penjelasan singkat yang disertai rumus-rumus matematika itu sendiri. Hal ini mengakibatkan kebosanan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika yang dibelajarkan. Terlihat dari rendahnya penerapan dari materi itu sendiri dan hasil belajar dari siswa. Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah keragaman kemampuan siswa dalam menangkap pembelajaran yang sedang berlangsung. Ada yang cepat, sedang dan lamban dalam menerima materi yang dijelaskan oleh guru di papan tulis. Menurut sebagian anak yang kurang menyukai pelajaran matematika, matematika adalah pelajaran yang selalu melibatkan rumus didalam proses pengerjaannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB melalui penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika materi Luas Bangun Datar di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran matematika materi Luas Bangun Datar di SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sumbersari 01 Jember dengan jumlah siswa 37 yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumen dan tes. Indikator keberhasilan akan dilanjutkan ke siklus II apabila skor minimal aktivitas 61 dan hasil belajar akan dilanjutkan ke siklus II apabila skor minimal 66 dari skor maksimal 100. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkkan aktivitas dari cukup aktif (65,26%) pada siklus 1 menjadi aktif (70,78%) pada siklus 2 dengan persentase kenaikan sebesar 5,52%. Analisis hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 66. Hasil belajar klasikal (skor rata-rata) hasil belajar siswa meningkat dari 63,62 siklus 1 menjadi 70,32 pada siklus 2. Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan sebagai bahan masukan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal serta pembelajaran menjadi bermakna.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83529
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository