• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Almadina Di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Lusy Ila Gustin - 120910201022.pdf (2.577Mb)
    Date
    2017-11-29
    Author
    Gustin, Lusy Ila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan utama yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja salah satu BUMDesa yang ada di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard. BUMDesa yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu BUMDesa Al-Madina di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi yang merupakan salah satu BUMDesa yang bergerak di bidang simpan pinjam, peternakan, dan holtikultura (sewa buah jeruk dan tanam buah naga). Kinerja dalam penelitian ini memfokuskan pada kinerja organisasi publik dan pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard yang memiliki empat perspektif. BUMDesa Al-Madina merupakan salah satu dari 47 BUMDesa yang ada di Kabupaten Banyuwangi. BUMDesa Al-Madina di Kecamatan Bangorejo merupakan salah satu dari dua BUMDesa tertua yaitu berdiri sejak tahun 2008 dan berada pada kategori BUMDesa yang berkembang dengan baik. BUMDesa AlMadina juga merupakan BUMDesa yang pernah menerima bantuan sebesar 40 juta yang merupakan bantuan dalam kategori kelas menengah (ada yang 65 juta ada yang 20 juta) tapi sudah berkembang dengan baik. Namun, BUMDesa AlMadina mempunyai beberapa permasalahan dalam mempertahankan kinerjanya. Pertama, dari data pertumbuhan pendapatan tahun 2012-2015, BUMDesa AlMadina masih belum mampu mempertahankan tren peningkatan. Kedua, lemahnya kemampuan BUMDesa Al-Madina Desa Temurejo dalam memperoleh laba bersih atau sisa hasil usaha. Ketiga, lemahnya kemampuan BUMDesa AlMadina Desa Temurejo dalam mempertahankan pelanggan atau anggotanya dan ketidakmampuan BUMDesa Al-Madina merebut pelanggan atau anggota baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan (financial perspective) BUMDesa pada posisi tidak baik, yaitu total skor pada perspektif ini sebesar 4 yang diperoleh dari 4 indikator. Keempat indikator yang digunakan menunjukkan hasil, yaitu Return On Investment (ROI) mendapatkan skor 1, Return On Equity (ROE) mendapatkan skor 1, Net Profit Margin (NPM) mendapatkan skor 1, dan Growth Rate In Sales (GRIS) mendapatkan skor 1. Perspektif pelanggan (customer perspective) merupakan perspektif kedua yang digunakan dalam penelitian ini. Pada perspektif pelanggan digunakan dua indikator penelitian, yaitu retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan. Indikator perspektif pelanggan memperoleh jumlah skor 2 dari kedua indikator, yaitu retensi pelanggan mendapatkan skor 1 dan akuisisi pelanggan mendapatkan skor 1. Ini juga menunjukkan kinerja yang tidak baik. Perspektif proses bisnis internal (internal business process perspective) merupakan perspektif ketiga yang digunakan dalam penelitian ini. Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja BUMDesa Al-Madina Desa Temurejo adalah manufacturing cycle effectiveness (MCE) dan proses operasi pelayanan. MCE memperoleh skor 5 dan proses operasi pelayanan memperoleh skor 5. Perspektif terakhir penelitian ini adalah perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth perspective) yang terdiri atas tiga indikator. Total skor perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah 15. Ketiga indikator, yaitu produktivitas pegawai, pelatihan pegawai, dan perputaran pegawai masingmasing memperoleh skor maksimal yaitu 5. Berdasarkan penghitungan kinerja keempat perspektif balanced scorecard menunjukkan hasil yang kurang baik. Pengukuran kinerja BUMDesa Al-Madina Desa Temurejo memperoleh nilai akhir total sebesar 44,01%. Berdasarkan pada tabel penilaian kesehatan BUMDesa Al-Madina Desa Temurejo, maka BUMDesa Al-Madina Desa Temurejo berada pada kondisi Kurang Sehat dengan kategori BB.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83424
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository