• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2016/2017)

    Thumbnail
    View/Open
    Rita Yuliya - 130210301084.pdf (4.233Mb)
    Date
    2017-11-28
    Author
    Yuliya, Rita
    Ani, Hety Mustika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang bersagkutan. Hasil belajar siswa yang diperoleh dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah interaksi edukatif guru dengan siswa. Untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2016/2017, maka dilakukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : adakah pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017)?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode populasi sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan standart error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru dengan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017). Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan nilai F = 279,795> F = 3,982 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05, berarti variabel interaksi edukatif guru dengan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017), maka keputusan yang diambil adalah hipotesis diterima. tabel Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada pengaruh positif interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017), Oleh karena itu peneliti menyarankan pada beberapa pihak antara lain : 1) bagipihak guruSMA Negeri 2Jember, sebaiknyalebihmeningkatkan interaksi edukatif dengan siswa terutama dalam hal penerapan metode dan alat pembelajaran untuk lebih diperhatikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. 2) bagisiswa, untuklebihmeningkatkan interaksi dengan guru dalam proses pembelajaran, serta untuk lebih memaksimalkan belajar agar dapat mempeorleh hasil belajar secara maksimal. 3) bagipeneliti lain,diharapkanbagipeneliti lain yang akanmelakukanpenelitianserupadenganpenelitianiniuntukmengambilvariabel lain yang tidakturutditelitidalampenelitianini, supaya dapat menciptakan penelitianpenelitian yang lebih baik dan nantinya sebagai tambahan referensi penelitian yang sejenis. hitung
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83403
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository