• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl)Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Indahnya Negeriku” Di SD Al Baitul Amien Jember ”

    Thumbnail
    View/Open
    Susi Purwati - 130210204094.pdf (3.354Mb)
    Date
    2017-11-27
    Author
    Purwati, Susi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum pendidikan terus dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Salah satu usaha pemerintah yang saat ini dilakukan yaitu melalui penerapan kurikulum 2013. Kerjasama yang baik harus dilaksanakan oleh semua komponen pendidikan. Guru merupakan salah satu pihak yang sangat berpengaruh dalam menjalankan proses pendidikan untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model problem-based learning (PBL)berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema “indahnya negeriku” di SD Al Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Al Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL)berbantuan media gambar tema “indahnya negeriku”. Data dokumentasi yang diperoleh menunjukkan hasil belajar siswa sebesar 66,4 (Lampiran F1) dengan kategori cukup, hal tersebut dikarenakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini akan menambah semangat dan motivasi, karena semua siswa akan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok dan tugas individu. Penelitian dilaksanakan di SD Al Baitul Amien Jember. Waktu pelaksanaan penelitian adalah semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada tema Indahnya Negeriku Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 4. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Al Baitul Amien Jember yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)pada pembelajaran tema Indahnya Negeriku Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 4 diperoleh hasil yaitu skor afektif pada kegiatan prasiklus 66,4 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 75 dengan kategori baik, dan siklus II sebesar 82 kategori sangat baik, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 8,6, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7. Hasil belajar kognitif siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 66,4 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 73,9 dengan kategori baik, dan siklus II sebesar 81,8 dengan kategori sangat baik, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 7,5, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7,9. Psikomotorik siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 60,8 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 74,8, dan siklus II 80,7 dengan kategori sangat baik, sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 14, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 5,9. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema Indahnya Negeriku subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan pembelajaran 4. Saran yang dapat diberikan bagi guru dari penelitian ini yaitu semoga dapat dijadikan referensi dalam mengajar menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)untuk divariasikan dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian yang serupa dengan tema pembelajaran yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83375
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository