• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Cara Manusia Dalam Memelihara Dan Melestarikan Alam Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas Iiia Sdn Kebonsari 04 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Rohmah Eta Wulansari - 130210204021.pdf (6.801Mb)
    Date
    2017-11-27
    Author
    Wulansari, Rohmah Eta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pada SDN Kebonsari 04 Jember diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru masih berpusat pada guru (teacher centered), guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dan kurang menggunakan variasi pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran sebab siswa hanya duduk diam mendengarkan guru menyampaikan materi. Pembelajaran IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara ilmiah berdasarkan pada prinsip – prinsip, produk, proses yang mana dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa terhadap konsep – konsep IPA. Proses pembelajaran menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi dan memahami alam sekitar. Diketahui hasil belajar siswa di SDN Kebonsari 04 Jember masih rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) adalah model pembelajaran yang tidak memisahkan antara ilmu pengetahuan, teknologi dan penerapannya dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagimanakah hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Kebonsari 04 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Kebonsari 04 Jember dalam pembelajaran IPA pokok bahasan cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dengan jumlah siswa satu kelas 32 siswa dan 18 jumlah siswa laki – laki serta 14 jumlah siswa perempuan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK. Sedangkan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus satu dilakukan selama dua kali pertemuan dan siklus dua dilakukan dua kali pertemuan. Berdasarkan analisis data penelitian yang diperoleh, penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat mengalami peningkatan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Dilihat dari skor rata – rata klasikal mulai prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Rata – rata skor klasikal prasiklus sebesar 53, 59 yang termasuk dalam kategori kurang, meningkat pada siklus I sebesar 65, 22 yang termasuk dalam kategori sedang/cukup. Mengalami peningkatan rata – rata klasikal pada siklus II sebesar 82, 26 termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah bagi guru penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memvariasikan pembelajaran yang inovatif yang dapat digunakan oleh guru agar pembelajaran IPA yang diterapkan guru menjadi lebih menyenangkan, untuk pihak sekolah penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk memvariasikan metode dan model pembelajaran yang akan digunakan sehingga pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, untuk peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi bagi penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83364
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository