PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, tentang proses berpikir
reflektif siswa kelas VIII A dapat diambil kesimpulan bahwa proses berpikir siswa
kelas VIII A adalah reflektif dan cukup reflektif. Siswa yang memiliki proses berpikir
reflektif, pada permasalahan nomor 1 sampai nomor 5 dapat memenuhi fase Reacting
mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri sesuai dengan wawancara seperti
halnya dapat menyebutkan yang diketahui, menyebutkan yang ditanya, dapat pula
menyebutkan hubungan antara yang ditanya dengan yang diketahui, mampu
menjelaskan apa yang diketahui sudah cukup untuk menjawab yang ditanyakan, dan
dapat menyebutkan metode yang dianggap efektif. Pada fase Comparing, mampu
menjelaskan jawaban pada permasalahan yang telah diselesaikan sesuai dengan
wawancara, dapat pula mejelaskan hubungan dan mengkaitkan permasalahan yang
pernah dihadapi dengan permasalahan yang saat ini didapat. Kemudian pada fase
Contemplating, dengan menyimpulkan penyelesaian permasalahan dengan tepat,
mendeteksi kebenaran jawaban permasalahan dengan benar dan dapat memperbaiki
permasalah jika ada kesalahan, tidak perlu memperbaiki jawaban jika tidak ada yang
salah.