PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI SMP
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan pembahasan kelayakan
modul IPA Terpadu berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and
Society) pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
1. Modul IPA Terpadu berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and
Society) pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP mendapatkan hasil uji
validasi sebesar 4,11. Dengan demikian modul IPA Terpadu berbasis SETS
(Science, Environment, Technology, and Society) pada pokok bahasan usaha
dan energi di SMP memiliki kriteria valid dan layak digunakan sebagai bahan
ajar.
2. Modul IPA Terpadu berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and
Society) pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP mampu membantu siswa
untuk melatih kemampuan berpikir kritisnya. Indeks gain rata-rata yang
didapatkan setelah menggunakan modul pada indikator berpikir kritis
interpretasi sebesar 0,72, analisis sebesar 0,66, evaluasi sebesar 0,45, inferensi
sebesar 0,70, penjelasan sebesar 0,45, dan regulasi diri sebesar 0,75.
3. Modul IPA Terpadu berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and
Society) pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP mendapatkan respon
positif sebesar 76,48%. Dengan demikian modul IPA Terpadu berbasis SETS
(Science, Environment, Technology, and Society) pada pokok bahasan usaha
dan energi di SMP memiliki kriteria layak digunakan sebagai bahan ajar.