• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Civil Engineering
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Civil Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL PADA ALAN LETJEND SUPRAPTO DAN ALAN LETJEND SUMO DI KABUPATEN JEMBER.

    Thumbnail
    View/Open
    RENGGO WANGSIT TRIHARTO AJI 001903303127-.pdf (36.40Mb)
    Date
    2017-11-22
    Author
    AJI, Renggo Wangsit Triharto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas masyarakat di Kota Jember semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Peningkatan aktivitas ini mengakibatkan kemacetan, terutama pada persimpangan dengan simpang tak bersinyal. Sehingga perk diadakan penelitian yang bertujuan untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada terutama yang berkaitan dengan kinerja simpang.Penelitian ini dilakukan pada simpang antara Jalan Letjend Suprapto dan Jalan Letjend Sutoyo yang terletak di Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Survey untuk data primer dilaksanakan pada 18 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2004 dengan tiga periode waktu yaitu pagi (06.00-09.00), siang (12.00-14.00) dan sore hari (15.00-18.00). Pengumpulan data di lapangan dilakukan oleh 6 Surveyor yang penempatanya terletak pada lengan-lengan simpang. Hasil survey diperoleh data antara lain: geometri simpang, kondisi lingkungan, volume arus lalu lintas serta Jumlah penduduk Kota Jember. Hasil penelitian diperoleh nilai kapasitas simpang tak bersinyal terbesar yaitu pada hari Senin Tanggal 18 Oktober 2004 dengan Fase pagi hari (06.30- 07.30) dengan nilai C = 1748 smp/jam, DS = 1.368, D = 1836.36, Dma = 105.574, Dmi = 9194.02, dan QP = 78% sampai dengan 164%. Nilai DS yang melebihi batas dari ketetapan yaitu 0,85 maka kinerja simpang tak bersinyal dikategorikan dalam kondisi jenuh, hal ini dikarenakan pada arah selatan simpang yang berjarak kurang lebih 75 meter terletak simpang tak bersinyal. Selain itu, pada hari senin merupakan hari sibuk dimana pada hari ini adalah awal dari aktivitas kerja. Perubahan kondisi persimpangan untuk dapat memenuhi kebutuhan kapasitas simpang dengan tipe: 344M dengan leber jalan utama: 19 meter dengan leber median jalan: 1 meter untuk jalan simpang leber jalan: 18 meter dan lebar median jalan: 1 meter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83316
    Collections
    • DP-Civil Engineering [111]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository