PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBUATAN TAHU TAMANAN PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 1 TAMANAN
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh serta pembahasan penelitian
pengembangan modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan pada
pokok bahasan tekanan dalam pembelajaan IPA di SMPN 1 Tamanan yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Validitas modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan pada
pokok bahasan tekanan dalam pembelajaran IPA di SMPN1 Tamanan
dikategorikan valid dengan nilai 4.
2. Efektifitas modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan pada
pokok bahasan tekanan dalam pembelajaran IPA di SMPN1 Tamanan
dikategorikan sedang dengan N-gain 0,61.
3. Respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kearifan lokal
pembuatan tahu tamanan pada pokok bahasan tekanan dalam pembelajaran
IPA di SMPN1 Tamanan dikategorikan respon sangat positif dengan nilai PR
86,31%.