WACANA IKLAN PADA BROSUR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian tentang wacana iklan pada brosur lembaga bimbingan belajarGanesha Operation, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut.
a.Struktur wacana iklan pada brosur lembaga bimbingan belajar GaneshaOperation terdiri atas butir utama, butir penjelas, dan butir penutup. Setiap bagian struktur terdiri atas proposisi sebagai berikut.
1)Bagian awal iklan (opening) iklan terdiri atas 4 proposisi yaitu (1)proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen; (2) proposisiyang membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen; (3) proposisi yangmenarik perhatian konsumen khusus dan (4) proposisi yang memberikanperintah pada para calon konsumen.
2)Bagian tengah iklan atau penjelas (body) berisikan proposisi alasan objektifberupa informasi yang dapat diterima oleh nalar calon konsumen.
3)Bagian akhir iklan atau penutup (close) dikembangkan dengan 2 teknikyaitu (1) teknik lunak dan (2) teknik lunak dan butir pasif yang berisikaninformasi tambahan.
b.Fungsi wacana iklan pada brosur lembaga bimbingan belajar GaneshaOperation meliputi: (1) fungsi informatif; (2) fungsi persuasif; (3) fungsi memoratif; (4) fungsi instruktif; (5) fungsi kontruktif; dan (6) fungsi hipnotik.
c.Teknik persuasif wacana iklan pada brosur lembaga bimbingan belajarGanesha Operation terdiri atas (1) teknik persuasif dengan menekankan identitas produk; (2) teknik persuasif dengan menekankan efektifitas program; (3) teknik persuasif dengan memberikan bukti atau hasil; (4) teknik persuasif dengan memberikan keuntungan; dan (5) teknik persuasif dengan memberikan kemudahan dalam mengakses.