ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SHAMPO DI KOTASITUBONDO
Abstract
Penelitin ini berjudul “Analisis Segmentasi Pasar Produk Shampo di Kota
Situbondo”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar shampo
berdasarkan atribut produk di kota Situbondo dan untuk mengetahui merek
produk shampo yang ada pada masing-masing segmen di kota Situbondo. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data
primen dalam penelitian ini adalah berupa jawaban kuesioner responden dari
pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh peneliti. Data sekunder adalah data yang
diperoleh dari pihak lain yang membantu dan bukan dilakukan sendiri oleh
pengumpulnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk
shampo di kota Situbondo yang menggunakan salah satu merek produk shampo
Clear, Sunsilk, Pantene, Rejoice, Emeron, dan Lifebuoy. Teknik penarikan sampel
yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah responden
sebanyak 90 orang. Metode analis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis klaster dengan dua metode yaitu K-Mean Cluster dan
Hierarki Cluster.
Berdasarkan hasil analisi Klaster dengan metode K-Mean Cluster, diperoleh
hasil bahwa segmen pasar pasar produk shampo di kota Situbondo yang terbentuk
adalah 3 klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut
harga, kemasan, merek, dan bersih, sehingga klaster 1 dapat diberi nama ”Klaster
Produk” dengan jumlah responden sebanyak 31 orang (34.44%). Klaster 2 adalah
responden yang mementingkan atribut busa, warna, dan kental sehingga klaster 2
dapat diberi nama ”Klaster Keunggulan” dengan responden sebanyak 30 orang
(33.33%). Klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut aroma dan
lembut sehingga klaster 3 dapat diberi nama ”Klaster Kelembutan” dengan jumlah
responden sebanyak 29 orang (32.22%). Sedangkan analisis klaster yang
menggunakan metode Hierarki Cluster di peroleh hasil yaitu terdapat tiga
kelompo shampo berdasarkan merek yaitu: kelompok 1 meliputi shampo dengan
merek Clear, Lifebuoy, Rejoice, dan Sunsilk. Kelompok 2 meliputi shampo
dengan merek Pantene. Kelompok 3 meliputi shampo dengn merek Emeron.