dc.description.abstract | Proses pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan linier
satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic
mathematic education Local wisdom dengan Mengunakan model
Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D. adapun tahap-tahap yang
dilakukan meliputi: (1). Tahap pendefinisian yaitu kegiatan analisis awal
akhir terhadap kurikulum 2013, analisis siswa untuk mengetahui
karakteristik siswa, analisis kompetensi dasar dan kompetensi inti, analisis
konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai. (2) tahap perancangan yaitu merancang perangkat pembelajaran
meliputi: penyusunan RPP, LKS dan THB pada Microsoft office word,
format perangkat pembelajaran yang dipilih yaitu perangkat pembelajaran
materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran
berbasis realistic mathematic education Local wisdom. Pada tahap
perancangaan diperoleh perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui
penilaian ahli dan uji keterbacaan. Setelah penilaian ahli, dilakukan revisi
sesui saran dari validator yang disebut Draft 2 yang akan dilanjutkan
dengan uji keterbacaan yang menghasilkan Draft 3. Perangkat
pembelajaran yang disebut Draft 3 ini selanjutnya dilakukan uji coba
lapangan. Hasil ujicoba lapangan dianalisis dan dilakukan revisi sehingga
menghasilkan perangkat final atau perangkat pembelajaran materi
persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran
berbasis realistic mathematic education Local wisdom. (4) tahap
penyebaran , dalam penelitian ini tahap penyebaran dilakukan di SMP
Negeri 1 Sempu. | en_US |