dc.description.abstract | Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang
penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang khusunya
dalam pengenalan warna. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi yang dilakukan di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember
diketahui bahwa kemampuan anak kelompok B1 dalam mengenal warna masih
rendah. Ketuntasan belajar yang dilakukan pada proses prasiklus adalah sebesar
30,43 % dari 23 anak terdapat 16 anak memiliki kemampuan mengenal warna
masih kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang
efektif guru masih terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang
ada pada lembar kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal warna.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal warna. Masalah yang dirumuskan dalam
penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen mencampur
warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak
kelompok B1 di TK Ilmu Al-qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
kemampuan kognitif anak kelompok B1 dalam mengenal warna dengan
menerapkan metode eksperimen mencampur warna dalam meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok B1 di TK Ilmu Alqur’an
Sempusari Kaliwates Jember Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017. | en_US |