INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN SAMSAT KELILING DI ALUN-ALUN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Konsep pelayanan publik sebenarnya bukan merupakan konsep yang baru,
secara filosofi kemunculan ilmu administrasi negara sebetulnya terkait erat
dengan konsep pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Indeks Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan SAMSAT Keliling di Alun-alun
Kabupaten Jember.
Penelitian merupakan penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Metode ini bersifat menggambarkan keadaan suatu objek penelitian.
Populasi penelitian ini sebesar masyarakat yang melakukan pembayaran Pajak
Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas
Jalan (SWWDKLLJ) melalui SAMSAT Keliling oleh Kantor SAMSAT Jember.
Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Ukuran sampel 150
merupakan ukuran sampel yang cukup representatif untuk memenuhi akurasi hasil
penyusunan indeks kepuasan masyarakat. Jumlah responden terpilih ditetapkan
minimal 150 orang diperoleh dengan dasar (“Jumlah unsur pelayanan” + 1) x 10.
Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data
menggunakan data primer berupa kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 14 aspek pengukuran
menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat sangatlah beragam. Pada aspek
prosedur pelayanan masyarakat cenderung puas. Pada aspek persyaratan
pelayanan masyarakat puas. Pada aspek kejelasan petugas pelayanan masyarakat
cenderung puas. Pada aspek kedisiplinan petugas pelayanan masyarakat