Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.authorAriyani, Rahmi Dwi
dc.date.accessioned2017-11-07T01:48:51Z
dc.date.available2017-11-07T01:48:51Z
dc.date.issued2017-11-07
dc.identifier.nimNIM 100210102050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83102
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan cara gejala tersebut terjadi. Fisika dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan menyangkut dua aspek proses dan produk, dalam aspek proses diharapkan dapat memunculkan keterlibatan ilmiah dalam individu sehingga tiap individu dapat menemukan faktafakta, membangun konsep-konsep, teori, dan sikap ilmiah yang dapat berpengaruh positif terhadap kualitas maupun produk pendidikan. Permasalahan pada bidang studi IPA terutama bidang fisika yakni pembelajaran fisika selama ini lebih banyak menghafalkan rumus dan teori, bukan berdasarkan pemahaman. Siswa dalam menerima informasi, lebih cenderung untuk menghafal informasi yang didapatkan tanpa mencoba mengaitkan dengan konsep yang pernah dimiliki sebelumnya. Hal ini dikarenakan siswa tidak mendapatkan pengalaman belajar secara langsung selama pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran dan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran kurang nampak dan pada akhirnya masih banyak siswa yang menganggap bahwa fisika merupakan pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran harus sesuai dengan kondisi karakteristik siswa sehingga dapat mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh siswa secara optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran guided discovery (GD) disertai media audiovisual. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran Guided Discovery (GD) disertai media audiovisual dalam pembelajaran IPA fisika di SMP, 2)en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGUIDED DISCOVERY (GD)en_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (GD) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record