HASIL BELAJAR, MINAT, DAN KREATIVITAS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS
Abstract
Fisika merupakan bagian ilmu pengetahuan alam yang menjadi suatu sayarat menguasai ilmu pengetahuan. Tujuan pembelajaran fisika adalah dikuasainya kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep fisika dalam bidang yang akan ditekuni. Minat belajar dalam hal ini merupakan kecenderungan individu untuk memiliki rasa senang tanpa ada paksaan pada saat menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model project based learning dengan memanfatkan bahan bekas terhadap hasil belajar siswa, mengkaji pengaruh minat belajar siswa pada model project based learning dengan memanfatkan bahan bekas, dan mendeskripsikan kreativitas siswa pada model pembelajaran project based learning dengan memanfatkan bahan bekas.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain postest-only control design. Penentuan sampel dilakukan dengan mengambil dua kelas yang memiliki nilai rata-rata materi ulangan sebelumnya hampir sama karena setelah diuji menggunakan uji homogenitas hasil yang diperoleh tidak homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, penilaian portofolio, dokumentasi dan wawancara. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 20.
Data hasil belajar siswa terdiri dari hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa H0 hasil belajar siswa ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hasil uji t-test pada minat belajar menunjukkan H0 pada minat belajar diterima, artinya minat belajar siswa pada kelas eksperimen sama dengan hasil minat belajar pada kelas kontrol sehingga model project based learning