PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN GEOMETRI POKOK BAHASAN SUDUT DALAM RUANG DIMENSI TIGA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKUSARI
Abstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memudahkan siswa dalam
memahami materi pelajaran. Seiring perkembangan jaman dan kemajuan IPTEK,
muncul berbagai metode belajar yang bertujuan membuat kegiatan belajar mengajar
menjadi menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran matematika. Selain itu juga
muncul berbagai media belajar yang membantu siswa dalam memahami materi
pelajaran, seperti pada materi geometri. Menurut Guven dan Kosa (2008), software
Dynamic Geometry Software (DGS) memudahkan siswa dalam belajar konsep
geometri dan menggali hubungan geometri dengan mudah, khususnya dalam
mengembangkan kemampuan keruangan siswa. Penggunaan media pembelajaran yang
relevan sudah semestinya dilakukan guru saat menyampaikan materi pelajaran di kelas.
Sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan.
Pemahaman siswa yang baik pada materi yang telah diberikan akan dapat
meningkatkan hasil belajar dan prestasi mereka.
Tujuan diadakann penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe students teams achievement division (STAD)
berbantuan komputer dengan software Cabri 3D terhadap kemampuan geometri pokok
bahasan sudut dalam ruang dimensi tiga dengan harapan dapat menunjukkan bahwa
penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan hasli belajar siswa.
Sehingga guru dapat memilih dan menentukan media pembelajaran yang sesuai ketika
hendak menyampaikan materi pelajaran.