• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA 5 MAN 2 JEMBER DALAM MEMECAHKAN SOAL PISA DAN BENTUK SCAFFOLDING YANG DIBERIKAN

    Thumbnail
    View/Open
    Septia Mustika Rini_1.pdf (7.762Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    Rini, Septia Mustika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Hal ini dikarenakan berpikir kritis berkaitan erat dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan menjadikan seorang siswa lebih mandiri dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Salah satu permasalahan yang dapat memunculkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah soal PISA. PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan suatu studi internasional yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Corporation and Development) yang mengkaji kemampuan literasi matematika yang diikuti oleh beberapa negara termasuk Indonesia. Penilaian pada peserta memberikan informasi tentang bagaimana individu dapat merespon dikemudian hari dengan beragam situasi yang akan mereka hadapi yang melibatkan matematika. Masing-masing kemampuan yang dimiliki oleh siswa berbeda-beda, terdapat siswa yang dapat secara mandiri dalam menyelesaiakan masalah namun ada yang masih perlu bimbingan. Scaffolding dapat diberikan sebagai bantuan kepada siswa karena hal yang diajarkan oleh guru atau seseorang yang lebih tahu kemungkinan dapat diingat pada kemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan soal PISA dan bentuk scaffolding yang diberikan . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Jember yang berjumlah 35 siswa. Subyek penelitian diberikan tes soal PISA sebanyak 3 soal kemudian hasil jawaban siswa dikoreksi sesuai dengan pedoman penskoran yang telah dibuat. Siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan berpikir kritis yang didapat melalui nilai tes yang terdiri dari kelompok kategori tinggi, kelompok kategori sedang dan kelompok kategori rendah, dari masing-masing kelompok tersebut dipilih dua subyek sebagai perwakilan tiap kelompok untuk dilakukan wawancara mendalam terkait kemampuan berpikir kritis yang tidak bisa dilihat hanya dengan jawaban siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelompok tinggi cenderung mampu memenuhi semua aspek kemampuan berpikir kritis yakni interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Pada siswa kelompok sedang cenderung mampu memenuhi indikator interpretasi dan cukup mampu memenuhi aspek analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. Pada siswa kelompok rendah cenderung mampu memenuhi aspek interpretasi namun cenderung tidak mampu memenuhi aspek analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Scaffolding yang diberikan kepada siswa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, bagi siswa dengan kelompok tinggi tidak diberikan bentuk scaffolding apapun, pada siswa dengan kelompok sedang bentuk scaffolding yang diberikan adalah developing conceptual thinking. Pada siswa dengan kelompok rendah bentuk scaffolding yang diberikan adalah explaining, reviewing dan resctructuring. Dari hasil penelitian ini guru dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dan dari hasil tersebut dapat menentukan tindakan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir kritis salah satunya dengan menggunakan scaffolding.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83008
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository