HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN KALIGRAFI DENGAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN MANBAUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas perlu ditingkatkan
melalui pendidikan dan pelatihan yang menjadi peran utama dalam meningkatkan
sumber daya manusia. Pelatihan kaligrafi merupakan program pelatihan untuk
mengasah kemampuan kreativitas dalam penulisan bahasa arab. Dalam kaitannya
dengan hal ini, maka penelitian ini dikerucutkan pada pemakaian metode dan media
pelatihan kaligrafi. Dengan penggunaan metode dan media pelatihan kaligrafi yang
tepat, maka kemampuan berfikir kreatif akan terlatih dan terasah dengan baik. Hasil
penelitian Hurlock (2004:4) kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk
menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan
sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. dapat berupa imajinatif atau sintesis
pemikiran yang hasilnya bukan hanya rangkuman dan juga mencakup pembentukan
pola baru serta gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti rumusan masalah mengenai
adakah hubungan antara pelatihan kaligrafi dengan kreativitas santri di Pondok
Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso?. Hal ini memiliki tujuan untuk mengetahui
adanya hubungan antara pelatihan kaligrafi dengan kreativitas santri di Pondok
Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso, sehingga dapat memberikan mamfaat bagi
program pendidikan luar sekolah yaitu dapat dijadikan input untuk pengembangan
skill dalam pengelolan lembaga non formal khususnya program pelatihan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan tehnik Purposive Area yaitu
di Pondok Pesantren Manbaul Ulum