• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN KALIGRAFI DENGAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN MANBAUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    NUR DIYAH HAYU YULIANI 130210201016.pdf sdh.pdf (2.707Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    YULIANI, NUR DIYAH HAYU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas perlu ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan yang menjadi peran utama dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pelatihan kaligrafi merupakan program pelatihan untuk mengasah kemampuan kreativitas dalam penulisan bahasa arab. Dalam kaitannya dengan hal ini, maka penelitian ini dikerucutkan pada pemakaian metode dan media pelatihan kaligrafi. Dengan penggunaan metode dan media pelatihan kaligrafi yang tepat, maka kemampuan berfikir kreatif akan terlatih dan terasah dengan baik. Hasil penelitian Hurlock (2004:4) kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. dapat berupa imajinatif atau sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya rangkuman dan juga mencakup pembentukan pola baru serta gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti rumusan masalah mengenai adakah hubungan antara pelatihan kaligrafi dengan kreativitas santri di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso?. Hal ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pelatihan kaligrafi dengan kreativitas santri di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso, sehingga dapat memberikan mamfaat bagi program pendidikan luar sekolah yaitu dapat dijadikan input untuk pengembangan skill dalam pengelolan lembaga non formal khususnya program pelatihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan tehnik Purposive Area yaitu di Pondok Pesantren Manbaul Ulum
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83002
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository