Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorSyarifuddin
dc.contributor.authorHOLIFAH, PUPUT NUR
dc.date.accessioned2017-11-03T02:49:27Z
dc.date.available2017-11-03T02:49:27Z
dc.date.issued2017-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82983
dc.description.abstractAnak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan fisik motorik yang diarahkan pada permainan lari estafet. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso diketahui bahwa kemampuan anak kelompok B1 dalam perkembangan fisik motorik kasarnya masih tergolong rendah. Sebanyak 47,25% dari 15 anak terdapat 12 anak memiliki kemampuan motorik kasar masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan hanya didalam kelas saja sehingga perkembangan fisik motorik kasar pada anak usia dini yang seharusnya dapat berkembng dengan baik malah tidak berkembang dengan baik dan masih banyak anak yang berlari-larian didalam kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung, bahkan banyak anak pula yang menaiki meja dan kursi ketika pembelajaran sedang berlangsung. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen dengan permainan lari estafet. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pembelajaran permainan lari estafet dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B1 di TK Nurur Rahman Kecamtan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok B1 dalam mengembangkan aspek fisik motorik kasar melalui permainan lari estafet di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan metode eksperimen melalui kegiatan permainan lari estafet pada penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I guru menjelaskan tentang apa itu permainan lari estafet, tata cara permainan lari estafet dan peraturan-peraturan dalam permainan lari estafet. Setelah anak dikenalkan pada permainan lari estafet kemudian guru memberikan contoh tentang tata cara dan peraturan dalam permainan lari estafet. Guru membentuk anak menjadi beberapa kelompok setelah itu guru meminta anak untuk mulai mempraktekkan permainan lari estafet. Siklus II guru menjelaskan menjelaskan kembali tentang tata cara permainan lari estafet dan peraturan-peraturan yang harus ditaati dalam permainan lari estafet ini dengan memberikan penekanan pada setiap kata gar anak dapat dengan mudah dan memahami apa yang diperintahkan oleh guru. Anak mempraktekkan permainan lari estafet dengan arahan dari guru, guru sesekali memberikan tepukan penyemangat kepada anak dan memberikan penguatan baik secara verbal maupun non verbal kepada anak agar anak lebih termotivasi. Meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B1 melalui permainan lari estafet di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 diketahui nilai rata-rata belajar anak pada prasiklus 47,25 menjadi 71 pada siklus I dan 88,66 pada siklus II. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa permainan lari estafet untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B1di TK Nurur Rahman Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso dikatakan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Saran yang berkaitan dengan penerapan pembelajaran motorik kasar melalui permainan lari estafet yaitu sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran pada anak untuk melatih kemampuan fisik motorik kasar pada anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN MOTORIK KASARen_US
dc.subjectANAK KELOMPOK B1en_US
dc.subjectPERMAINAN LARI ESTAFETen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PERMAINANLARI ESTAFET DI TK NURUR RAHMAN KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record