PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SALON RUDY HADISUWARNO JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh
kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen Salon Rudy Hadisuwarno Jember.
Penelitian ini merubah explanatory research yang dilakukan dengan metode
survai. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yang
mana ditentukan terlebih dahulu beberapa kriteria untuk menjaring responden
yang benar-benar memenuhi syarat Data dikumpulkan berdasarkan jawaban
responden yang berasal dari daftar pertanyaan (kuesioner) yang diajukan.
Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Hasil
analisis menunjukan bahwa secara simultan variabel bukti fisik, empati, daya
tanggap, jaminan serta keandalan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
Salon Rudy Hadisuwarno Jember. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa
variabel kualitas jasa memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
yang diperkuat dengan hasil analisis koefisien determinasi berganda dimana
sebesar 74,5% kepuasan konsumen ditimbulkan oleh kualitas jasa. Sedangkan
berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel bukti fisik,empati, jaminan,
keandalan, memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan
variabel daya tanggap tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen terhadap Salon Rudy Hadisuwarno Jember.
Berdasarkan pelaksanaan kualitas jasa yang diberikan Salon Rudy
Hadisuwarno Jember merupakan hal sangat penting karena berkaitan dengan
kepuasan konsumen itu yang berawal dari harapan konsumen terhadap kualitas
jasanya.