Hubungan Antara Peran Tutor dengan Motivasi Belajar pada Warga Belajar Kejar Paket C di SKB Kabupaten Bondowoso
Abstract
Program kejar paket c ini ditujukan bagi masyarakat putus sekolah karena
keterbatasan ekonomi dan ada juga karena mengalami masalah di sekolah
formalnya sehingga menyebabkan putus sekolah. Pelaksanaan program kejar
paket c di SKB Kabupaten Bondowoso, tutor tidak hanya memberikan materi
tentang mata pelajaran sebagai mana mestinya tetapi juga memberikan motivasi
pada warga belajarnya agar memahami nilai dan manfaat program pendidikan
kesetaraan bagi peningkatan kualitas kehidupan di masyarakat. Dengan demikian
peran tutor sangat penting, karena tutor yang terlibat langsung dalam pembinaan
dan pembelajaran warga belajar. Selain itu tutor juga harus paham tentang
pentingnya motivasi bagi warga belajar. Berdasarkan hal tersebut rumusan
masalah yaitu adakah hubungan antara peran tutor dengan motivasi belajar pada
warga belajar kejar paket c di SKB Kabupaten Bondowoso?. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara peran tutor dengan
motivasi belajar pada warga belajar kejar paket c di SKB Kabupaten Bondowoso.
Adapun manfaat penelitian ini, yaitu manfaat teoritis diharapkan dapat bermanfaat
sebagai rujukan untuk mengembangkan ilmu dan manfaat secara praktis dapat
menjadi salah satu masukan dukungan dan parameter bagi pendidik maupun
praktisi pendidikan luar sekolah.
Penelitian ini merupakan jenis penetian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, dilakukan kunjungan langsung di tempat
penelitian yaitu Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso yang dipilih
sebagai tempat penelitian dengan teknik purposive area. Selanjutnya tersebut
dilakukan penghimpunan data mengenai hubungan antara peran tutor dengan
motivasi belajar pada warga belajar kejar paket c sebagai responden utama dalam penelitian ini melalui teknik populasi. Sedangkan motode pengumpulan data
dilakukan melalui angket dan dokumentasi.
Hasil pengamatan di atas selanjutnya dibuktikan melalui penyebaran
angket kepada 10 warga belajar kejar paket c yang dalam hal ini setiap angket
yang terdiri dari 14 item pertanyaan, yang selanjutnya dilakukan proses scroring,
tabulating, dan editing. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
diketahi bahwa ada hubungan antara Peran Tutor dengan Motivasi Belajar pada
Warga Belajar Kejar Paket C di SKB Kabupaten Bondowoso. Hasil yang
diperoleh rhitung sebesar 0,695. Jika dikonsultasikan dengan rtabel sebesar 0,648 pada
taraf kepercayaan 95%, akan menunjukkan bahwa rhitung lebih besar rtabel = 0,695 ≥
0,648 dan peran tutor dapat memberikan korelasi sebesar 48,30% terhadap
motivasi belajar. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui
bahwa indikator Peran Tutor Sebagai Perencana Pembelajaran memberikan
korelasi sebesar 27,35% terhadap Minat dan Keinginan Berhasil, 95,25% terhadap
harapan dan cita-cita masa depan. Indikator Peran Tutor Sebagai Pendidik
memberikan korelasi sebesar 35,40 % terhadap minat dan keinginan berhasil,
0.577 % terhadap harapan dan cita-cita masa depan. Indikator Peran Tutor Sebagai
Motivator memberikan korelasi sebesar 11,15% terhadap minat dan keinginan
berhasil, 40,19 % terhadap harapan dan cita-cita masa.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara hubungan antara peran tutor dengan motivasi belajar pada warga
belajar kejar paket C di SKB Kabupaten memiliki tingkat hubungan yang cukup.
Saran diberikan oleh peneliti untuk pengelola lembaga, diharapkan untuk dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran di SKB Kabupaten Bondowoso dengan lebih
baik lagi, serta dapat mempertahankan dan mencetak lulusan terbaik kejar paket
C.