TATA CARA PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA PT. ASURANSI RAMAYANA (Tbk) JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan
dapat disimpulkan bahwa kegiatan kearsipan di PT. Asuransi Ramayana (Tbk)
Jember merupakan proses penyimpanan warkat perusahaan yang apabila
diperlukan sewaktu – waktu dapat ditemukan kembali. Kegiatan kearsipan
tersebut sebagai berikut:
a. Pemberian nomor kode dilakukan oleh bagian resepsionis dengan melihat
perihal tersebut, hal ini bertujuan agar surat dapat dipisah-pisah menurut
nomor dan kode yang telah ditetapkan oleh PT.Asuransi Ramayana (Tbk)
Jember.
b. Sistem penataan arsip yaitu suatu kegiatan mengatur dan menyusun arsip
dalam suatu penataan yang sistematis dan logis. Sistem penataan yang
baik dan secara teratur, mencerminkan keberhasilan suatu pengelola
kegiatan dimasa lalu yang akan besar pengaruhnya terhadap
pengembangan perusahaan PT.Asuransi Ramayana (Tbk) dimasa
mendatang.
c. Dalam menata surat-surat atau berkas-berkas, PT.Asuransi Ramayana
(Tbk) Jember menggunakan beraneka ragam jenis peralatan seperti lemari
besi, filling cabinet, folder, map, box file, rotary filling, maka perlu
diadakan pemilihan yang cukup teliti agar penyusunan dan penyimpanan
arsip dapat dilakukan dengan baik sesuai kemampuan dan kebutuhan yang
ada.
d. Pemindahan arsip yaitu kegiatan memindahkan arsip aktif ke arsip inaktif,
dan dari arsip inaktif ke arsip statis. Kegiatan ini dilakukan secara berkala,
Untuk menghadapi hal tersebut, diperlukan adanya pemindahan dan
pemusnahan arsip, pemusnahan arsip dilakukan dengan cara pembakaran.
Pemindahan dan pemusnahan dilaksanakan menurut suatu jadwal tertentu
yang disebut jadwal retensi yaitu jadwal yang berisikan daftar-daftar
umum dari berbagai jenis arsip yang disimpan pada file aktif dan file
inaktif untuk keperluan pemindahan dan pemusnahan arsip sesuai
waktunya.