• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    POSISI PERSEDIAAN DAN KINERJA PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN KERETA API

    Thumbnail
    View/Open
    Lusi Prihatiningtyas - 150820101068_1.pdf (1.652Mb)
    Date
    2017-10-30
    Author
    Prihatiningtyas, Lusi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi persediaan terhadap profitabilitas perusahaan jasa angkutan kereta api. Penelitian mengenai pengaruh posisi persediaan terhadap Return On Equity (ROE) dan Return On Invesment (ROI) telah dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian-penelitian terdahulu mengenai hubungan persediaan dengan profitabilitas memiliki hasil yang berbeda pada setiap obyek penelitian sehingga menjadi motivasi dalam penelitian ini. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2008 – 2016, sebanyak 9 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis commond size dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk uji asumsi klasik tidak terjadi pelanggaran Normalitas, autokorelasi, heterokedastisitas dan Multikolinier. Setelah dilakukan uji hipotesis, maka ditemukan bahwa hipotesis alternatif(H1) yang menyatakan bahwa persediaan sarana, persediaan jalan jembatan dan persediaan sinyal telekomunikasi berpengaruh terhadap ROE tidak dapat diterima sehingga menerima hipotesis nol (H0) jadi variabel Persediaan Sarana (Ps), Persediaan Jalan dan Jembatan (Pjj) dan Persediaan Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik (Sintelis) tidak berpengaruh terhadap variabel ROE. Ditemukan juga bahwa hipotesis alternatif (H2) yang menyatakan bahwa persediaan sarana, persediaan jalan jembatan dan persediaan sinyal telekomunikasi berpengaruh terhadap ROI tidak dapat diterima sehingga menerima hipotesis nol-nya (H0), dengan kata lain variabel Persediaan Sarana (Ps), Persediaan Jalan dan Jembatan (Pjj) dan Persediaan Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik (Sintelis) tidak berpengaruh terhadap variabel ROI. Hal ini adalah logis dikarenakan data persediaan yang digunakan adalah total persediaan akhir. Total persediaan akhir bukanlah merupakan elemen dari laporan Laba/Rugi itu sendiri. Hasil penelitian ini berseberangan dengan penelitian – penelitian terdahulu juga disebabkan perbedaan jenis perusahaan. Persediaan yang diteliti adalah persediaan milik perusahaan yang bergerak dibidang jasa dimana karakteristiknya berbeda dengan persediaan pada perusahaan dagang dan manufaktur
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82891
    Collections
    • MT-Management [548]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository