PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS IV MIMA 39 HIDAYATUL MURID AMPEL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIMA 39
Hidayatul Murid Ampel Tahun Pelajaran 2011/2012 masih rendah. Rendahnya
aktivitas dan hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; (a)
guru cenderung hanya menggunakan satu cara saja dalam mengajar, yakni gaya
visual, akibatnya terjadi ketidakcocokan antara gaya mengajar guru dengan gaya
belajar murid; (b) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bisa
melayani kecenderungan kecerdasan yang dimiliki siswa; (c) hanya beberapa siswa
saja yang berani mengajukan dan menjawab pertanyaan guru serta aktif dalam proses
kegiatan belajar mengajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran multiple
intelligences, sehingga rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini
adalah: “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran multiple intelligences pada siswa
kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel tahun pelajaran 2011/2012. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk: ”meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran multiple intelligences pada
siswa kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Kecamatan
Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penentuan subjek penelitian
menggunakan metode populasi yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 23
siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap
penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus, yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali
pertemuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa jawaban
siswa terhadap tes penilaian kognitif, hasil observasi penilaian psikomotorik, dan
hasil observasi penilaian afektif siswa.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada setiap
siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 78,26% dan siklus II sebesar
91,30%. Rata-rata keaktifan siswa selama pembelajaran sebesar 84,78%. Sedangkan
hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan selama penelitian mengalami peningkatan
dan mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar kognitif
sebesar 71,73% dan siklus II sebesar 91,30%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil
belajar kognitif siswa sebesar 81,5%. Hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa
juga mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan klasikal. Pada penilaian
psikomotorik siklus I memperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 26,08%
dan siklus II sebesar 78,26%. Sedangkan pada penilaian afektif siswa siklus I
memperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 57,59% dan siklus II sebesar
93,48%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa sebesar 75,53%.
Berdasarkan uraian tersebut, disimpulkan bahwa strategi pembelajaran
multiple intelligences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan tahun pelajaran 2011/2012.