• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS IV MIMA 39 HIDAYATUL MURID AMPEL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Sayyidati Marlinda Yunita_1.pdf (323.7Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    SAYYIDATI MARLINDA Y
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Tahun Pelajaran 2011/2012 masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; (a) guru cenderung hanya menggunakan satu cara saja dalam mengajar, yakni gaya visual, akibatnya terjadi ketidakcocokan antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar murid; (b) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bisa melayani kecenderungan kecerdasan yang dimiliki siswa; (c) hanya beberapa siswa saja yang berani mengajukan dan menjawab pertanyaan guru serta aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran multiple intelligences, sehingga rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran multiple intelligences pada siswa kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel tahun pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: ”meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran multiple intelligences pada siswa kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes penilaian kognitif, hasil observasi penilaian psikomotorik, dan hasil observasi penilaian afektif siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 78,26% dan siklus II sebesar 91,30%. Rata-rata keaktifan siswa selama pembelajaran sebesar 84,78%. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan selama penelitian mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar kognitif sebesar 71,73% dan siklus II sebesar 91,30%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa sebesar 81,5%. Hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa juga mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan klasikal. Pada penilaian psikomotorik siklus I memperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 26,08% dan siklus II sebesar 78,26%. Sedangkan pada penilaian afektif siswa siklus I memperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 57,59% dan siklus II sebesar 93,48%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa sebesar 75,53%. Berdasarkan uraian tersebut, disimpulkan bahwa strategi pembelajaran multiple intelligences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MIMA 39 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan tahun pelajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8285
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository