Show simple item record

dc.contributor.authorRyski Putri Amalia
dc.date.accessioned2013-12-12T01:01:15Z
dc.date.available2013-12-12T01:01:15Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204297
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8284
dc.description.abstractB erdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan guru kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan sumber belajar atau media pembelajaran masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan masih rendah karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Permasalahan yang di kaji d alam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso setelah pembelajaran IPS menggunakan penerapan model pembelajaran picture and picture. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture, meningkatkan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan yaitu dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Penerapan penerapan model pembelajaran picture and picture diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, menumbuhkan kerjasama serta sikap berpikir kritis pada diri siswa, dan mencip takan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso yang berjumlah 22 siswa . Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 77,2% dengan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 81,8% dalam kategori sangat aktif . Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% dengan rata -rata nilai 72,5 sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 82% dengan rata-rata nilai 77,2. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 dengan penerapan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Saran peneliti untuk guru berdasarkan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0802102042 97;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVMODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI KELAS V SDN TAMANAN 3 KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record