PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 WONOREJO MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
atau permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar
antara lain; pembelajaran IPS berlangsung dalam suasana yang konvensional,
monoton dan tidak inovatif, model pembelajarannya selalu mengacu pada buku paket,
proses pembelajarannya berpusat pada guru saja, pembelajaran hanya didominasi
oleh siswa yang berprestasi saja, kurangnya respon siswa terhadap proses belajar
mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi model yang digunakan untuk
penyampaian materi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan keanekaragaman suku dan budaya
pada siswa kelas IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo melalui penerapan
model cooperative learning teknik berkirim salam dan soal. (b) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan keanekaragaman suku dan budaya pada
siswa kelas IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo melalui penerapan model
cooperative learning teknik berkirim salam dan soal.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo pada mata pelajaran IPS pokok
bahasan keanekaragaman suku dan budaya melalui penggunaan model cooperative
learning teknik berkirim salam dan soal. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV
dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan,
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Wonorejo
Banyuputih Situbondo, dimulai pada tanggal 25 November 2011 sampai tanggal 06
Desember 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara
dan dokumentasi.
Hipotesiss dari penelitian tindakan kelas ini adalah, (1) jika guru menerapkan
model cooperative learning teknik berkirim salam dan soal dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya, maka aktivitas belajar siswa
kelas IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo akan meningkat, (2) jika guru
menerapkan model cooperative learning teknik berkirim salam dan soal dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya, maka hasil
belajar siswa kelas IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo akan meningkat.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku dan budaya pada siswa kelas
IV SDN 01 Wonorejo Banyuputih Situbondo melalui penerapan model cooperative
learning teknik berkirim salam dan soal pada pembelajaran pra siklus diperoleh 35%
kemudian hasil analisis pada pembelajaran siklus I sebanyak 53,6%, sehingga terjadi
peningkatan sebanyak 18,6%, sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan
prosentase aktivitas sebesar 53,6 dan pembelajaran siklus II memperoleh 73,8%,
sehingga mengalami peningkatan sebanyak 20,2%. Kemudian analisis hasil belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengalami peningkatan yang memuaskan, yaitu pada
pembelajaran pra siklus sebesar 45%, pembelajaran siklus I sebesar 60%, sehingga
terjadi peningkatan sebanyak 15%, sedangkan pembelajaran dari siklus I sebesar 60%
ke siklus II sebesar 85% mengalami peningkatan sebanyak 25%. Hasil akhir dalam
penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti terbukti
dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan
Keanekaragaman suku dan budaya menggunakan model Cooperative Learning teknik
berkirim salam dan soal pada siklus II mencapai 73,8% yang termasuk kriteria aktif,
sedangkan pada analisis hasil belajar siklus II mencapai 85% yang termasuk kriteria
baik.