Show simple item record

dc.contributor.advisorPURWANDARI, Retno
dc.contributor.advisorRIFAI, Ahmad
dc.contributor.authorDEWI, Yulianti Kurnia
dc.date.accessioned2017-10-28T03:51:06Z
dc.date.available2017-10-28T03:51:06Z
dc.date.issued2017-10-28
dc.identifier.nimNIM152310101280
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82813
dc.description.abstractPelayanan keperawatan adalah suatu pelayanan yang merupakan integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan yang ditunjukkan pada individu, keluarga, atau masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit. Pelayanan keperawatan profesional memiliki lingkup yang kompleks yang didasarkan pada kebutuhan manusia sebagai individu yang unik guna mencapai suatu tujuan yaitu sejahtera. Fokus pelayanan kesehatan saat ini yang berorientasi pada pasien menuntut pelayanan keperawatan meningkatkan kualitasnya dengan tujuan pasien selaku konsumen mendapatkan pelayanan yang maksimal dan memuaskan. Tuntutan kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit menjadi prioritas saat ini. Kualiatas pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan melalui perilaku caring perawat yang dimunculkan dalam asuhan keperawatan yang diberikan pada pasien. Perilaku caring memberikan perawat kemampuan untuk memahami kebutuhan dasar pasien yang belum terpenuhi dan membantunya untuk memenuhinya. Tujuan penelitian ini menganalisis gambaran perilaku caring perawat di Ruang Paviliun dan Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dan teknik sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan besar sampel sebanyak 98 responden. Penelitian ini dilakukan di Ruang Paviliun dan Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner caring assessment tool (CAT) yang dikembangkan oleh Duffy (1990) dan dimodifikasi oleh Ardiana (2010) menjadi 41 item pertanyaan. Karakteristik pasien di Ruang Paviliun Rumah Sakit dr. Soebandi Jember rata-rata berusia 34,72 tahun, rata-rata telah mendapatkan perawatan selama 4 hari, jumlah laki-laki dan perempuan berimbang yaitu masing-masing 50%, dan sebagian besar berpendidikan sarjana sebanyak 68,8%. Karakteristik pasien di Ruang Kelas III Rumah Sakit dr. Soebandi Jember rata-rata berusia 50,67 tahun, rata-rata telah mendapatkan perawatan selama 4,2 hari, sebagian besar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 59,1%, dan paling banyak pasien berpendidikan SMA/SMK sebanyak 50%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku caring perawat di Ruang Paviliun Rumah Sakit dr. Soebandi Jember sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 65,6%. Perilaku caring perawat yang diberikan pada ruang paviliun meliputi memberi asuhan keperawatan yang aman dan nyaman pasien (fisik dan lingkungan), sesuai standar prosedur opersional, dan komunikasi terapeutik perawat pasien. Perilaku caring perawat di Ruang Kelas III Rumah Sakit dr. Soebandi Jember sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 57,6%. Perilaku caring perawat di Ruang Kelas III sebagian besar perawat tidak memperkenalkan diri pada pasien, tidak menjelaskan peran perawat pada pasien, jarang menyediakan waktu khusus untuk mengkaji secara mendalam masalah yang dialami pasien, terutama terkait dengan masalah psikologis, jarang membantu pasien untuk kegiatan ibadah dan kurang memberikan motivasi terhadap masalah yang dihadapi pasien. Sebagian besar pasien di Ruang Paviliun menilai perilaku caring perawat dalam kategori baik dan sebagian besar pasien di Ruang Kelas III menilai perilaku caring perawat dalam kategori kurang. Perilaku caring perawat wajib dimiliki oleh perawat dan dimunculkan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien karena setiap setiap pasien berhak mendapatkan pelayanan yang aman, bermutu, dan terjangkau.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries152310101280;
dc.subjectCARING PERAWATen_US
dc.subjectRUANG PAVILIUNen_US
dc.subjectRUANG RAWAT INAP KELAS IIIen_US
dc.subjectRUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI JEMBERen_US
dc.titleGAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG PAVILIUN DAN RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record