PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SDN 08 KALIGONDO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan
alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain, metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat
konvensional dan penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan. Salah satu
model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), sehingga
rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar
siswa pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam melalui penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 08
Kaligondo Banyuwangi tahun Pelajaran 2011/2012?” dan “Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam
melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di
kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012?”.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS
pokok bahasan kenampakan alam melalui model pembelajaran Contextual Teaching
and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun
pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dilaksanakan di SDN 08 Kaligondo
Banyuwangi dimulai pada tanggal 24 November 2011 sampai dengan 02 Desember
2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun
pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9
siswa perempuan.
Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model skema yang berbentuk spiral dari Kemmis dan McTaggart
dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis
data statistik deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra
siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan
aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran CTL,
serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS
dengan model pembelajaran CTL menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus
I mencapai 66,43%, dan pada siklus II mencapai 76,19%, persentase tersebut
termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 9,76% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa
pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 45,00%, setelah
pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 70,00%, dan dalam siklus II
meningkat menjadi 90,00%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami
peningkatan sebesar sebesar 45% dari pra siklus ke siklus II dan 20% dari siklus I ke
siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
kenampakan alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti berdasarkan
hasil penelitian, melalui penerapan model pembelajaran CTL dapat dijadikan
alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa.