PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK KLOS PADA SISWA KELAS IV SDN 06 TEMBOKREJO MUNCAR BANYUWANGI
Abstract
Membaca memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Melalui membaca seseorang individu menjadi tahu tentang apa-apa yang belum
diketahuinya. Membaca akan mampu memperluas wawasan pengetahuan dan
cakrawala tentang informasi-informasi yang dapat merubah taraf hidup manusia.
Oleh karena itu, membaca menjadi suatu kebutuhan yang sangat vital jika tidak ingin
tertinggal dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Permasalahan yang muncul di SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi
yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: (1) Proses pembelajaran membaca
pemahaman berlangsung dalam suasana yang konvensional, monoton dan kurang ada
usaha inovasi, (2) Teknik pembelajarannya selalu mengacu pada apa yang ada pada
buku paket, (3) Metode yang digunakan guru masih menggunakan ceramah dan
pemberian tugas, (4) Siswa kurang bisa memahami makna yang terkandung dalam
wacana, sehingga siswa seringkali mengalami berbagai kesalahan dalam
menyelesaikan soal bahasa Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil
belajar bahasa Indonesia yaitu dengan menerapkan teknik klos dalam pembelajaran
bahasa Indonesia. Teknik klos menjelaskan kecenderungan orang untuk
menyempurnakan suatu pola yang tidak lengkap.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses
penerapan teknik klos yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi?, (2) bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran membaca pemahaman
setelah digunakan teknik klos pada siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar
Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman dengan menggunakan teknik klos pada siswa kelas IV SDN 06
Tembokrejo Muncar Banyuwangi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik klos pada siswa
kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan
jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 20
orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah
aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) penerapan teknik klos
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 06
Tembokrejo Muncar Banyuwangi, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal
sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal
sebesar 41%, siklus I sebesar 53,8%, siklus II sebesar 89,8%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) siswa diharapkan harus lebih aktif
dalam kegiatan belajar membaca, (2) setelah penelitian ini, guru kelas diharapkan
mampu menerapkan teknik klos dalam menemukan kalimat utama di setiap paragraph
pada sebuah teks bacaan, (3) bagi lembaga pendidikan atau sekolah yang terkait,
diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di SDN 06
Tembokrejo Muncar Banyuwangi hendaknya dapat menerapkan teknik klos dalam
menemukan kalimat utama pada sebuah teks bacaan.