Show simple item record

dc.contributor.authorNian Lila Imami
dc.date.accessioned2013-12-12T00:39:49Z
dc.date.available2013-12-12T00:39:49Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204262
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8278
dc.description.abstractPenggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan kurikulum dan tingkat kemajuan serta kematangan siswa. Media pembelajaran yang dipakai hendaknya menggunakan media yang murah, mudah dibuat atau di dapat, efisien serta mampu dimiliki oleh warga sekolah. Penggunaan media secara umum dapat mengatasi hambatan komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Hambatan komunikasi yang dimaksud adalah perhatian yang bercabang misalnya : tidak dapat memusatkan perhatian, ingatan yang terpakai dalam hal menarik perhatian siswa sebelumnya seperti melamun, menghayal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Kondisi yang terjadi pada siswa kelas VI bahwasannya hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu menulis naskah pidato masih rendah. Ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa cenderung malas mengerjakan sendiri lebih suka mencontek atau mengerjakan asal tulis dengan alasan tidak bisa, serta pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan media pembelajaran yang menyenangkan yaitu media pembelajaran Audio Visual. Media pembelajaran Audio Visual merupakan media pembelajaran khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam rangka menulis naskah pidato. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas VI SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari tahun pelajaran 2011- 2012 ?, (2) Bagaimanakah hasil keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas VI SDN Karang Kedawung 03 dengan penerapan media audio visual setelah dilakukan pembelajaran ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VI SDN Karang Kedawung 03 dalam menulis naskah pidato dengan penerapan media audio visual, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Karang Kedawung 03 dalam menulis naskah pidato dengan penerapan media audio visual setelah dilakukan pembelajaran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan Media Audio Visual yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis naskah pidato pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. Kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan merumuskan permasalahan. Selanjutnya melaksanakan tindakan, mengadakan pengamatan, dan merefleksi tindakan. Berdasarkan refleksi dan tindakan siklus 1 selanjutnya dibuat perencanaan tindakan-tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan pada siklus 2 adalah pelaksanaan tindakan berdasarkan pada siklus 1. Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) bagi siswa, diharapkan harus lebih aktif dalam kegiatan belajar menulis sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulisnya, serta berusaha lebih giat belajar untuk mengejar cita-cita, (2) bagi guru, diharapkan mampu menerapkan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, (3) bagi lembaga pendidikan atau sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari hendaknya dapat menerapkan media audio visual dalam menulis naskah pidato dan mencatat informasi penting yang terdapat dalam media audio visual karena telah terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, (4) bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204262;
dc.subjectKETERAMPILAN MENULIS, MELALUI MEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VI SDN KARANG KEDAWUNG 03 MUMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record