KEGIATAN PROMOSI DAN INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN DI DINAS PERHUBUNGAN DAN PARIWISATA KABUPATEN DATI II PROBOLINGGO
Abstract
Dari hasil analisa yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa upaya mempromosikan obyek wisata untuk mengembangkan kepariwisataan tergantung pada Dinas Perhubungan dan Pariwisata sendiri serta kerja sama antar instansi pemerintah ataupun swasta. Setelah data tersebut dikumpulkan selama praktek kerja nyata maka dapat disimpulkan seperti di bawah ini bahwa :
1. Pengembangan pariwisata hanya dapat berhasil dengan baik apabila didukung oleh peran serta masyarakat, usaha industri pariwisata, Pemuda, pelajar, mahasiswa, maupun pejabat pemerintah sendiri.
2. Pengembangan wisata Gunung Bromo sangatlah penting karena akan mendapatkan penghasilan yang sangat besar terutama di hari Kasada. Untuk itu perlu dijaga kebersihan dan ketertibannya.
3. Upaya meningkatkan mutu pelayanan dan pembinaan pada hotel, dan instansi-instansi terkait sangat perlu terutama dalam pembinaan Bahasa Asing baik itu Bahasa Inggris ataupun Bahasa Asing lainnya.
4. Peranan aktif kalangan masyarakat luas sangatlah diperlukan agar :
• Meningkatkan keamanan dan ketertiban.
• Menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan asing ataupun domestik.
• Menjaga dan melestarikan semua daya tarik pariwisata serta berupaya mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan.
• Membudayakan dan memasyarakatkan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari sehingga jati diri bangsa bertambah mantap.
5. Upaya publikasi dan informasi sebagai wadah atau alat untuk mempromosikan suatu produk wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo perlu ditingkatkan kembali baik dalam media cetak ataupun media elektronika.