MENCIPTAKAN DAYA TARlK WlSATA DENGAN MENJADIKAN HOTEL SEBAGAl BASlS PROMOSI PARIWlSATA MELALUI OPTIMALISASI PERAN OPERATOR PADA HOTEL NOVOTEL SURABAYA.
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata, dapat ditarik beberapa kesimpulan, bahwa keberadaan hotel disamping sebagai institusi bisnis juga merupakan bagian yang mempunyai peran penting dalam upaya pengembangan kepariwisataan di Indonesia khususnya. Keberadaan dunia perhotelan tidak dapat dipisahkan dengan dunia kepariwisataan. Merosotnya dunia kepariwisataan Indonesia, sebagai akibat dari kerusuhan-kerusuhan di yang terjadi belakangan ini, juga mengakibatkan turun pendapatan dunia perhotelan di Indonesia, khususnya hotel-hotel yang berada di sekitar tempa-tempat wisata. Maka, penulis dapat mengambil kesimpulan berdasarkan pengalaman penulis selama melaksanakan Praktek Kerja Nyata di bidang Operator pada departemen Kantor Depan Novotel bahwa :
1. Pengelola-pengelola perhotelan harus menjadi partner departemen kepariwisataan dalam upaya pengembangan kepariwisataan.
2. Menjadikan hotel sebagai agen kepariwisataan.
3. Departemen Kantor Depan sebagai departemen yang berinteraksi secara langsung harus mampu menjaga keramahan untuk menarik wisatawan mancanegara yang menginap di hotel.
4. Guest Relation Officer (GRO) harus mampu juga memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata. Dan juga harus mampu meyakinkan tamu asing tentang kondisi keamanan di Indonesia.
5. Bagian Operator juga harus mampu menguasai mampu memberikan informasi yang tidak hanya berkaitan dengan informasi hotel. Akan tetapi juga mampu memberikan informasi kepariwisataan.